Penerapan Pendekatan Problem Solving Dengan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Konsep pada Kubus dan Balok

Darmawan Mas'ud Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan problem solving dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk write dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A SMP Wahid Hasyim Malang pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII A SMP Wahid Hasyim Malang sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diambil dari tes akhir siklus, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) peresentase ketuntasan hasil tes akhir siklus I mencapai 61,76%, sedangkan pada siklus II mencapai 82.35%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 20,59%, 2) kegiatan guru pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 79,45%, sedangkan pada Siklus II diperoleh ketuntasan sebesar 84,45%, 3) kegiatan siswa pada siklus I yaitu 78,34%, sedangkan pada Siklus II mencapai 83,06%, kemudian, 4) hasil wawancara pada siklus I dari 6 siswa terdapat 3 siswa yang merasa senang dalam menerapkan pendekatan problem solving  dengan model pembelajaran Think Talk Write sehingga persentase keberhasilan adalah 50% dengan kategori senang dan kemudian pada siklus II terdapat 5 dari 6 siswa dengan kategori senang dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write sehingga didapat persentase sebesar 83,33%.

 

Kata Kunci: kemampuan penalaran dan pemahaman konsep matematika, pendekatan problem solving, model pembelajaran Think Talk Write.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Hadi. S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Tulip Banjarmasi.

Hendriana, H. Roehati, Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa: Bandung, PT Refika Aditama

Huinker, D. & Laughlin, C. 1996. Talk Your Way Into Writing. Dalam Comunication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 Year Book. The National Counsil of Teacher Of Mathematics.

Pranata. 2005. Penerapan Problem Solving. Bandung: Sanata Dharma.

Prawiro. 1986. Model Problem Solving. Jakarta: Quantum Teaching Center.

Rusefendi. 2006. Pengantar Kepada Pembantu Guru Mengembangkan Kopetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Bandung: Tarsito.

Usman, Ahmad. 2008. Mari Belajar Meneliti. Yokyakarta, Lengge

Wardani, Sri. 2008. Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran SMP/MTs untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Yogyakarta: Pusat Perkembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Yamin, Martinis dan Ansari. 2012 dan 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta, Gaung Persada Perss


Refbacks

  • There are currently no refbacks.