KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN M-APOS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII

Azizatun Sofia, Ettie Rukmigarsari, Sikky El Walida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran M-APOS dan yang tidak menggunakan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP MA’ARIF kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif yakni kelas VIII C dan kelas VIII E. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS 20. Subjek penelitian kualitatif sebanyak 12 siswa. Berdasarkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 20 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan pemahaman konsep dan Sig (2-tailed) = 0,001 < 0,05 untuk kemampuan penalaran, sehingga H0 ditolak. Artinya ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi bangun ruang sisi datar pokok bahasan prisma dan limas. Penelitian kualitatif yang dilakukan pada tahap kedua menghasilkan data kualitatif yang dapat mendukung, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif tentang kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa. Karena sama-sama terdapat perbedaan antara kuantitatif dan kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran M-APOS pada materi bangun ruang prisma dan limas terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematika siswa.

 

Kata Kunci: kemampuan, pemahaman konsep, penalaran, model pembelajaran, M-APOS.


Full Text:

PDF

References


Duffin, J.M. and Simpson, A.P. (2000). ‘A Search for Understanding.’, The Journal of Mathematical Behavior., 18(4): 415-427.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.