PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS AL-AMIN MALANG

Deviana Novita Sari, Zainal Abidin, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question student have untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII materi aritmatika sosial MTs Al-Amin Blimbing tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian kuantitatif ini adalah peserta didik kelas VII B. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analaisis data (1) persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai  dengan nilai rata-rata kelas sebesar , sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai  dengan nilai rata-rata kelas sebesar . Terlihat bahwa terjadi peningkatan sebesar ; (2) persentase hasil observasi kegiatan guru pada siklus I mencapai , sedangkan pada siklus II mencapai 88,63%. Terlihat bahwa terjadi peningkatan sebesar ; (3) persentase hasil observasi kegiatan siswa pad a siklus I mencapai sedangkan pada siklus II mencapai . Terlihat bahwa terjadi peningkatan sebesar ; (4) persentase hasil wawancara siswa pada siklus I mencapai , sedangkan pada siklus II hasil wawancara siswa mencapai 66,67%. Terlihat bahwa terjadi peningkatan sebesar . Dengan demikian, penelitian kualitatif dapat membuktikan, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif kemampuan penalaran matematis.

 

Kata kunci: model kooperatif tipe question student have, kemampuan penalaran matematis, aritmetika sosial


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Mohamed, Z, Ghani, G.A. 2016, Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Poirtofolio ( PMBP) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2(1): 79-102, (www. riset.unisma.ac.id).

Ahmadi, R. 2014. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S., S.,. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayam., Rohaeti, E.E., Sumarmo, Utari. 2017. Hard Skills Dan Soft Skils Matematika Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2011. Coopearative Learning Teori Dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uno, Hamzah .B, Lamatenggo, Nina. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.