KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMPI SEDATI MOJOKERTO

Nanda Dwi Ida Rufaidah, Zainal Abidin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan model pembelajaran konvensional serta, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran kelas VIII SMP Islam Sedati Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Sampel dalam penelitian kuantitatif ini adalah siswa kelas VIII U (kelas eksperimen) dan VIII A (kelas kontrol). Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak tiga orang dengan kemampuan komunikasi matematika tinggi, sedang, dan rendah pada masing-masing kelas sampel. Data kuantitatif diperoleh dengan teknik tes, sedangkan data kualitatif diperoleh dengan teknik observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dua pihak dengan bantuan Software SPSS 20 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taraf signifikansi 5% antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dan uji-t satu pihak bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih dominan memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, penelitian kualitatif dapat membuktikan, melengkapi, dan memperkuat data kuantitatif kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada penelitian kuantitatif.

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, tipe Course Review Horay (CRH), dan kemampuan komunikasi


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2015. Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Z. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, No. 1, pp. 79-102: 2442-4668.

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajara dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Husna, R, Sahat S. dan Siman. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa SMP Kelas VII Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 6, No. 2, pp. 175-186.

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama.

Majid, A. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rois, U. R. 2013. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Kubus dan Balok. Skripsi S-1. Gorontalo: Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Thobroni, M. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trilling, B. dan Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in our times. John Wiley & Sons: New York.

Zulkarnaini. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.