PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 8 MALANG

Aprilia Nur Wulandari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan
menulis teks eksposisi pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8
Malang. Faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan menulis teks
eksposisi yaitu kurangnya pemahaman peserta didik terhadap tesis,
agumentasi, dan penegasan ulang, serta adanya rasa bosan terhadap
keterampilan menulis yang monoton. Dalam hal ini, guru harus mempunyai
model pembelajaran yang dapat mempengaruhi minat peserta didik dalam
menulis, khususnya menulis teks eksposisi, serta dapat meningkatkan hasil
kemampuan menulis. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk
mempengaruhi minat serta meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks
eksposisi yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic
Methods. Model pembelajaran tersebut dipandang tepat, karena dapat
meningkatkan hasil dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada peserta
didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 8 Malang. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi pada data pratindakan,
nilai rata-rata peserta didik 59,15, siklus I nilai rata-rata peserta didik
meningkat menjadi 67.41, dan siklus II meningkat menjadi 80,80.

Kata Kunci: kemampuan menulis, teks eksposisi, kooperatif tipe Structured
Dyadic Methods


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara

Busri, Hasan, dkk. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang:

FKIP Unisma.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakrya.

Nurudin. 2012. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia. Balitbang: Kemendikbud.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wahyuni, Sri & Ibrahim, Syukur. 2015. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.