PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi matematis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Liveworksheets pada materi aljabar di kelas VII C SMP Negeri 4 Kota Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik dari kelas VII C SMP Negeri 4 Kota Malang. Berdasarkan data dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan dalam proses pembelajaran yang terjadi selama 2 siklus. Pada siklus I, hasil observasi kegiatan pendidik dan peserta didik mencapai 68.8% dan 66,45% dengan kriteria “baik” namun belum memenuhi kriteria keberhasilan, hasil tes akhir siklus I mencapai 41.41% dengan kriteria “rendah”. Wawancara menunjukkan 77.8% peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran. Pada siklus II, setelah penerapan perbaikan, hasil observasi kegiatan pendidik dan peserta didik meningkat menjadi 88,61% dan 87,71% dengan kriteria “sangat baik”, serta hasil tes akhir siklus II meningkat menjadi 81.81% dengan kriteria “baik”. Respon positif peserta didik terhadap model pembelajaran mencapai 88,8%. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Liveworksheets dapat meningkatkan kemampuan eksplorasi matematis pada materi aljabar kelas VII C SMP Negeri 4 Kota Malang.
Kata kunci: penerapan, model pembelajaran problem based learning, media liveworksheets, eksplorasi matematis, aljabar.
Full Text:
PDFReferences
Agnesa, O. S., & Rahmadana, A. (2022). Model Problem-Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Biologi. JOTE : Journal On Teacher Education, 3(3), 65–81. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4384
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147.
Hasanah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Elektrolisis. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Keguruan, 2(2), 218. https://doi.org/10.59562/progresif.v2i2.30313
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Kurniawati, U., Wardana, L. A., & Hattarina, S. (2023). Penerapan Model Pembeljaran Project Based Learning (PBL) Matematika Pecahan Menggunakan Media Kardus Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Keaktifan Siswa SDN Mangunharjo 1. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(3), 608–613.
Marlina STAI Al-Fithrah Surabaya, T. (2022). Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 67. 1(1), 67–72.
Nahdah, A. S., Pratani, V. P., & Syabani, M. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 3814–3823. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/13988
Nurbaya, S., & Warmi, A. (2021). Analisis kemampuan eksplorasi matematis siswa kelas VIII pada materi statistika A . Pendahuluan Pendidikan merupakan kebutuhan utama manusia sebagai makhluk hidup yang berpikir yang membedakan dengan makhluk hidup lainnya . Karena dengan adanya pendidikan. 12(3), 318–329.
Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87
Rahayu, R., Saragih, S., & Syofni, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP IT Darul Huda Ukui. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(3), 189. https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.15293
Rosdiani, Nasir, M., & Nurfathurrahman. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Bertanya Siswa Kelas VIII SMPN 2 Donggo Tahun Pelajaran 2021/2022. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 8–11.
Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Refbacks
- There are currently no refbacks.