PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PODCAST (SINIAR) SPOTIFY DI SMP NU HASANNUDIN TIRTOYUDO
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan atau keterampilan menulis yang menjadi salah satu kompetensi penting pada pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Akan tetapi masih banyak peserta didik kelas VIII yang mengalami kesulitan dalam mengemukakan ide dan perasaan secara tertulis pada bentuk teks laporan hasil observasi. Salah satu teknik pembelajaran yang dalam membantu peserta didik untuk meningkatkan keterampilan menulisnya dalam sebuah teks laporan hasil observasi yakni menggunakan media Podcast Spotify. Dengan menggunakan media Podcast (Siniar) Sporify. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada siswa kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo. Pada penelitian ini hasil yang didapat pada siklus I memperoleh nilai dengan skor rata-rata menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media podcast Spotify sebesar 70. Pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh dari menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify sebesar 85. Ketuntasan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan sebanyak 8 dengan presentase 44%, sedangkan pada siklus II ketuntasan sebanyak 16 dengan presentase sebesar 87,5%. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media Podcast Spotify pada siswa kelas VIII SMP NU Hasannudin Tirtoyudo dapat meningkat.
Kata Kunci: keterampilan menulis, teks laporan hasil observasi, media podcast spotify.
Full Text:
PDFReferences
Armayani, S. (2023). Penerapan Media Flipchart Gambar Berseri Untuk Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Kelas Ix Smpn 1 Kromengan.
Febriana, A. I. D. (2018). Determinisme Teknologi Komunikasi Dan. Jurnal Lontar, 6(2), 10–
Hidayanti, Z.A, Sarmi, N.N, Purnamasari, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kertas
Animasi Hewan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Mts Husnul
Khotimah Kampek. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dr. Soetomo.
Hidayatusholikah,N.,Hasanudin, C., & Rohman, N. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Teks
laporan hasil observasi dengan Menggunakan Metode QuantumLearning. Journal of
Literature and Education, 1(1), 9—18.
Islamidar. 2020. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Pembelajaran Bahasa
Indonesia Menggunakan Media Foto Peristiwa Pada Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6
Tambusai Utara. Indonesia Jurnal Of Basic Education. Vol. 3 Nomor 1 Maret 2020. Tambusai
Utara.
Istiyati, S. Poerwanti, J. I. 2020. Penggunaan Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Teks laporan hasil observasi di Sekolah Dasar. Program Studi PGSD FKIP
Universitas Sebelas Maret. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 3, Nomor 2, hlm. 94-99.
Surakarta, Jawa Tengah.
Khasanah, E. I., Prasetyoningsih, L. S. A., & Tabran, A. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Menulis
Teks Biografi Berbasis Nilai-Nilai Kewirausahaan Siswa Kelas X Smk. Mahasiswa
Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Unisma
Kurniawati, S. 2016 Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap
Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas Iii Mi Jam’iyyatul Khair Ciputat Timur.
Skripsi.
Lusita, J. Emidar. 2019.Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP
Negeri 30 Padang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Universitas Negeri Padang.
Maulidah, Tsalisatul. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks laporan hasil observasi
Dengan Media Gambar. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran dan Pengembangan.
Mukaromah, C. Rohayati, N. Rukaesih, D. 2023. Pembelajaran Menulis Teks laporan hasil
observasi Menggunakan Model Mind Mapping di Kelas X SMK Muhammadiyah Kawali.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Jurnal Diksatrasia.
Volume 7. Nomor 1 Januari.
Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah alKitabah) dalam Bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan
Bahasa Arab, 1(2), 22–34.
Ningrum, E. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis Dan Contoh, Yogyakarta:
Penerbit Ombak, Hal. 68.
Nurhidayah, H.A, Lyesnaya, D, Nurasiah, I. 2022. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wayang
Sukuraga Terhadap Keterapilan Menulis Narasi Siswa Kelas Rendah. Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Sukabumi, Indonesia.
Prasetyiningsih, D.D, Suryanti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD.
PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Pristiwanti, Badariah, D., Hidayat, B., Dewi, S., & Sari, R. (2023). Pengertian Pendidikan.
Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Radika, M. I., & Setiawati, D. (2020). Strategi Komunikasi Podcast Dalam Mempertahankan
Pendengar (Studikasus Dalam Podcast Do You See What I See). Jurnal Ilmu Komunikasi,
(2), 96–106.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4),
–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023).
Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu
Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143.
https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588
Saepuloh, M. F., Nurwahidah, L. S., & Kartini, A. (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks laporan hasil observasi. Caraka: Jurnal
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Bahasa Daerah, 10(2), 107–116.
Refbacks
- There are currently no refbacks.