Eksperimen Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Di SMK Shirothul Fuqoha

ahmad Thoriqin Nuril

Abstract


Abstrak: Menulis merupakan kegiatan memberikan informasi, pengetahuan,
dan karya dalam bentuk tulisan. Tulisan sendiri merupakan bentuk bahasa sekunder yang harus dipelajari karena dalam kehidupan sehari-hari infomasi yang kita peroleh tidak selalu berasal dari lisan. Selain itu banyak pesan-pesan yang disampaikan secara tersirat melalui tulisan sehingga menulis dan membaca memiliki hubungan yang tidak terpisahkan. Salah satu kegiatan menulis yaitu menulis sebuah teks cerita. Kemampuan menulis teks cerita merupakan kompetensi yang penting dimiliki oleh siswa menengah atas. Dalam menulis teks cerita siswa harus mampu melibatkan kemampuan berbahasa dan keterampilan berpikir kreatif dan kritis. Untuk mendapatkan kemampuan tersebut perlu adanya proses pembelajaran. Dewasa ini sudah banyak instrument yang mampu
membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Di era education 4.0 sekarang sangat erat hubungannya dengan AI (artificial inntelligence) dimana teknologi ini mampu merespon pertanyaan yang diberikaan kedalam bentuk teks. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaruh penggunaan chatGPT (AI) dalam menulis teks cerita siswa. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan eksperimen penggunaan chatGPT (AI) dalam pembelajaran menulis teks cerita di SMK Shirhothul Fuqoha. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan desain eksperimen kontrol. Dalam desain ini, dua kelompok akan dibentuk secara terpisah yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan chatGPT (AI), dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kelompok eksperimen akan diberikan pre-test, kemudian diberi perlakuan (treatment) dengan model pembelajaran chatGPT (AI) dan setelah itu diberikan post-test, sedangkan kelas kontrol tidak
diberikan treatment dengan menggunakan chatGPT (AI) melainkan dengan
pembelajaran konvensional. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang dipilih secara acak dari populasi, dengan masing-masing kelompok (eksperimen dan kontrol) terdiri dari 15 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu instrument tes, adapun tes yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji t untuk mengetahui hubungan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks cerita terhadap variabel bebas yaitu penggunaan chatGPT (AI) dalam pembelajaran menulis teks cerita.

Kata Kunci: Menulis, Teks Cerita, AI, Eksperimen


Full Text:

PDF

References


Arboleda, Cora R. 1981. Communications Research.Manila: CFA.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Revisi.

Yogyakarta: Rienika Cipta, 2010.

Aswan, dkk. 2021. “Perbandingan Pronomina Persona Bahasa Indonesia dengan

Bahasa Malaysia: Tinjauan Semantis”. Jurnal Diksi, 29(2), 195−204.

A. Widyamartaya. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Azwardi. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Aceh: Syiah

Kuala University Press.

Batlawi, Nursia dan Firman Hamid. 2022. “Pentingnya Media Pembelajaran untuk

Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMP Negeri 3 Kota Ternate”.

Jurnal JBES: Journal of Biology Education and Science, 2(2), 128−134.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Penerbit

Andi.

Fathurrahman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Arr Ruzz

Media, 2015.

Graham, S., & Perin, D. (2007). Writing next: Effective strategies to improve writing of

adolescents in middle and high schools. Alliance for Excellent Education.

Henry Guntur Tarigan. 1982. Menulis Sebagai Salah Satu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Isaac, Stephen, and Willim B.Michael. 1977. Handbook in Research and Evaluations.

San Diego, California: Ediths Publisher.

Isah Cahyani dan Iyos Ana Rosmana. 2006. Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: UPI

Press.

Jalaluddin Rakhmat. 1990. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda

Karya.

Johnson, A., McElroy, M., & Napper, V. (2016). The use of storyjumper to improve

literacy in the elementary school. Journal of Educational Technology Systems,

(1), 71-84.

Kendari Kota Kendari”. Jurnal Amanah Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 176−185.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Kerlinger, Fred. 1973. Foundations of Behavioral Research (2nd Edition) Holt, Rinehart

and Winston.

Plutcik, Robert. 1988. Dasar-Dasar Penelitian Eksperimen. Surabaya: Usaha Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.