PENGEMBANGAN BUKU TEKS MENULIS KREATIF CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP PGRI 01 BATU
Abstract
Abstrak: Penelitian Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, (3) mendeskripsikan hasil uji coba produk pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu, dan (4) mendeskripsikan hasil uji kelayakan produk pengembangan buku teks menulis kreatif cerpen pada siswa kelas IX SMP PGRI 01 Batu. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE yang dikembangkan atau diciptakan oleh Dick dan Carry dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan buku teks kreatif menulis cerpen melalui lima tahapan, yaitu Analisis, merancang produk, realisasi rancangan produk dan validasi ahli, implementasi, evaluasi, (2) hasil pengembangan buku teks yang didapatkan dari validasi para ahli menunjukkan 92,8% (3) uji coba buku teks ini dilakukan pada sejumlah 25 peserta didik kelas IX SMP PGRI 01 Batu dengan hasil yang didapatkan 89% dari angket respon pendidik dan peserta didik yang menunjukkan bahwa buku teks kreatif menulis cerpen dapat meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar peserta didik,serta (4) hasil uji kelayakan buku teks menulis kreatif cerpen didapatkan dengan menganalisis hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan bahan ajar berupa buku teks dan setelah menggunakan bahan ajar berupa buku teks yang menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai peserta didik setelah menggunakan buku teks sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: media pembelajaran, pengembangan, buku teks, teks cerpen
Full Text:
PDFReferences
Dalman. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajagrafiondo Persada.
Maharany, E.R. (2018). Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Thailand. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Bhastari, N., Tabrani, A., & Prasetyoningsih, L. S. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Ceramah untuk Kelas XI SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Kotawaringin Timur-Kalimantan tengah. Nosi. Vol.9.
Khasanah, E. I., Prasetyoningsih, L. S. A. ., & Tabrani, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Biografi Berbasis Nilai-nilai Kewirausahaan Siswa Kelas X SMK. NOSI, Vol.8. Departemen Pendidikan Nasional, (2009). Pembelajaran Menulis
Adkhar, Bastiar.2015. “Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran
Berbasi Powtoon Pada Kelas 2 Mata Pembelajaran Ilmu pengetahuan Alam di SD Labschool Unnesa†Semarang : Skripsi yang diterbitkan.
Agustina, Fatmawati.2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep
Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas Xâ€. Jurnal EduSains, Vol. 4, No.2
Maulida, Utami. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, Vol.5. Diakses 18 Oktober 2023.
Muttaqin, K & Murnieatie, I.U. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran LECTORA dalam Menelaah Struktur dan Kebahasaan Puisi Rakyat.
Prasetyoningsih, L.S.A. (2013). Pembelajaran Bahasa Tulis pada Anak Autis Gangguan Interaksi Sosial.
Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Dan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran
Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa
Dan Sastra, 16(2), 281.
Ambarwati, A., & Badrih, M. (2024). Manfaat Spotify Sebagai Media Dongeng dalam Upaya Digitalisasi Sastra Anak.
Ardiansyah, B. (2023). Penilaian Siswa Terhadap Pembelajaran Membaca Teks
Negosiasi Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Melalui Media Lkpdd Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 2(5), 575–584.
Arif, Muhammad Faisal,. dkk. 2019. Pengembangan video pembelajaran IPA
materi Gaya untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4) Semi, M. Atar. (2017). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F,D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan
Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, Vol. 2 No. 2. Diakses 15 Januari 2023
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.