PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP

Fahmi Bayu Prasetya, Surya Sari Faradiba, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak: Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di SMP Negeri 3 Jatirogo diketahui masalah pada rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik, guru mengatakan berdasarkan penilaian tengah semester (PTS) bahwa nilai 50% peserta didik masih dibawah KKM. Dengan begitu, diperlukan model pembelajaran yang bisa menjadi daya tarik peserta didik, yaitu model pembelajaran reciprocal teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah sebanyak 24 peserta didik dari kelas VIII di SMP Negeri 3 Jatirogo. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar sebesar 62,5%. Tetapi pada siklus I, belum mencapai target tindakan yang diharapkan. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar sebesar 83,33%, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jatirogo pada materi bangun ruang sisi datar dengan adanya peningkatan yang diperoleh sebanyak 20,83%, setelah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Respon peserta didik terhadap model pembelajaran yang diterapkan ialah sangat senang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reciprocal teaching membuat peserta didik nyaman dan lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: peningkatan, model pembelajaran reciprocal teaching, pemahaman konsep matematika, kubus dan balok.


Full Text:

PDF

References


Arfany, F. P., & Faradiba, S. S. (2022). Karakterisasi Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3044-3058.

https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1780

Astriani, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika di Tinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Habibi, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Swasta Muslimat Yayasan Pendidikan Wanita Islam Kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Jambi: UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Handika, H., Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124-140.

Rahayu, S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Siswa SMP Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Rahma, A. A., & Arista, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Lks terhadap Prestasi Belajar Siswa. Musamus Journal of Science Education, 1(2), 053–059. https://doi.org/10.35724/mjose.v1i2.1452

Sari, E. F. P. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Metode Pembelajaran Learning Starts with A Question. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(2), 35–37.

Simbolon, F. J., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning (RBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 77–88. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp76-88

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.