VARIASI BAHASA GAUL DI KOLOM KOMENTAR PADA AKUN TIKTOK @MAS_NIZAR

Veviana Tamara Febry Yanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap variasi bahasa gaul yang ada di kolom komentar akun @mas_nizar, mendeskripsikan konteks penggunaannya dan menganalisis pemaknaan bahasa gaulnya. Data dalam penelitian ini berupa ungkapan bahasa gaul yang diperoleh dengan memakai metode pengamatan dengan teknik tangkapan layar dan catat. Sumber data yang digunakan adalah akun Tiktok bernama @mas_nizar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah (1) variasi bahasa gaul ada 2, yaitu dari kata tunggal dan kata kompleks. (2) ada 4 konteks dari penggunaan bahasa gaul, yaitu fisik, psikologis, sosial dan pengetahuan bersama. (3) Ada 3 jenis makna bahasa gaul, meliputi makna konseptual, kontekstual dan nonrefensial.

Kata Kunci: Variasi bentuk kata, bahasa gaul, Tiktok


Full Text:

PDF

References


Anindya, W. D., & Rondang, V. N. 2021. Bentuk Kata Ragam Bahasa Gaul di Kalangan Pengguna Media Sosial Instagram. Prasasti: Journal of Linguistics. Vol 6 (1): 120–135.

Chaer, A. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Djalilah, G. N. 2021. Stunting pada Anak Bawah Tiga Tahun sebagai Tanda Bahaya (Red Flags) dalam Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Webinar Komprehensif Covid – 19 Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif 2021. 65–71.

Goziyah, & Yusuf, M. 2019. Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). 120–125.

Ida, G. H. S. 2020. Bahasa Gaul dalam Tuturan Lisan Video Tiktok Husain Basyaiban Pada Periode 2021 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran menulis Ceramah di kelas XI. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 4 (2).

Irawan, E. F., & Ramdhan, A. 2018. Pengaruh Visualisasi Foto OOTD (Outfit of The Day) Selebgram Sebagai Strategi Promosi Produk Fashion terhadap Persepsi Wanita. IDEA Jurnal Desain. Vol 17 (2): 6–11.

Kholifah, U., & Sabardila, A. 2020. Analisis Kesalahan Gaya Berbahasa pada Sosial Media Instagram dalam Caption dan Komentar. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra. Vol 15 (3): 352–364.

Kridalaksana, H. 2009. Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Malimbe, A., Waani, F., & Suwu, E. A. A. 2021. Dampak Penggunaan Aplikasi Online Tiktok (Douyin) terhadap Minat Belajar di Kalangan Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Ilmiah Society. Vol 1 (1).

Miza, S. R. J., & Radzi, H. 2024. Pembentukan Kata Tunggal Bahasa Semai dalam Buku Teks Tahun 1 dan 2: Analisis Berdasarkan Prinsip Tatabahasa Dewan Harishon Radzi. Jurnal Wacana Sarjana. Vol 8 (1): 1–12.

Muslich, M. 2008. Tatabentuk Bahasa Indonesia, Kajian ke Arah Tatabahasa Deskriptif. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayat, E., & Noorrizki, R. D. 2022. Flexing: Perilaku Pamer Kekayaan di Media Sosial dan Kaitannya dengan Self-Esteem. Jurnal Flourishing. Vol 2 (5): 368–374.

Putri, Y. S., Basuki, R., & Djunaidi, B. 2021. Bahasa Gaul dalam Media Sosial Tiktok. Jurnal Ilmiah Korpus. Vol 5 (3): 315–327. https://doi.org/10.33369/jik.v5i3.17159

Ridlo, M., Satriyadi, Y., Azzahra, N., & Nasution, A. H. 2021. Analisis Pengaruh Bahasa Gaul di Kalangan Mahasiswa terhadap Bahasa Indonesia di Zaman Sekarang. Jurnal Kewarganegaraan. Vol 5 (2).

Saifudin, A. 2018. Konteks dalam Studi Linguistik Pragmatik. Lite. Vol 14 (2).

Setya, S. I., Soliha, S. T., & Suryani, Y. 2022. Variasi Bahasa pada Media Sosial TikTok. MEDIASI – Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi. Vol 3 (1): 23–34.

Sumarsono, & pertana, paina. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Sabda.

Suwandi, S. 2011. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.

Wijana, I. D. P., & Rohmadi, M. 2006. Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.