PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN MEDIA POWER POINT ANIMASI DI KELAS 7

Rohmad Hidayat

Abstract


Abstrak: Tujuan utama pelajaran bahasa Indonesia ialah untuk memperoleh kemampuan berkomunikasi secara efektif. Empat jenis kemampuan berbahasa ialah menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Bahasa Indonesia tidak hanya mengajarkan tata bahasa yang baik dan benar. Selain itu, pelajaran tersebut juga memberikan pengetahuan tentang berbagai jenis teks, pemahaman makna setiap kata, kalimat, atau bahkan paragraph, dan topik lainnya. Menulis sebagai keterampilan berbahasa, merupakan tindakan menyampaikan pesan menggunakan tulisan sebagai sarana komunikasi. Terdapat dua aspek yang menjadi fokus penelitian tentang keterampilan menulis siswa dengan media power point animasi, yaitu (1) Bagaimana peningkatan aktivitas belajar teks deskripsi menggunakan media ajar power point animasi pada siswa di kelas 7 MTs Alhayatul Islamiyah, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan media ajar power point animasi di kelas 7 MTs Alhayatul Islamiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara detail mengenai proses dan juga hasil peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa dengan media power point animasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dimaksud untuk memberikan informasi proses tindak yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Bentuk deskripsi dalam penelitian ini berupa data yang telah diambil dari lembar kerja siswa dengan menggunakam media power point animasi sehingga menunjukkan adanya proses peningkatkan hasil dari peembelajran siswa.

Kata kunci: keterampilan menulis teks deskripsi, perangkat pembelajaran, power point animasi


Full Text:

PDF

References


Prasetyoningsih, D. D., & Suryanti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalahpebelajar Pada Mata Pelajaran Ipa Sd. Jurnal Pgsd, 01(02), (Hal 1-14)

Prasetyoningsih, L. S. A., Widowati, D. R., Ari Ambarwati, SS M Pd, A. A., & Maslila, L. (2021). Inovasi Pembelajaran Dan Teknologi Bantu (Teknologi Asistif) Manual Book Praktik Jurnalistik Untuk Mahapebelajar Berkebutuhan Khusus Dan Khalayak. Literasi Nusantara. (Hal 1-14)

Armayani S. 2023. Penerapan Perangkat Elipchart Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Kelas IX SMPN 1 KROMENGAN, (Hal 8-12)

Imam Nuraini, Sutama, Sabar Narimo. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Power Point Ispring Suite 8 Di Sekolah Dasar, (Hal 2-8)

Widyanti F. 2018. PENGGUNAAN PERANGKAT GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PEBELAJAR KELAS VII MTS AL- MUSYARROFAH JAKARTA, (Hal 1-6, 9-14, 16-19)

Maretta D, Basyaruddin. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penggunaan Perangkat Gambar, (Hal 1-3)

Efriwan A A. 2017. PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB, (Hal 15-23)

Thabroni G. 2022. Perangkat Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Fungsi, Kriteria, Dsb, (Dalam https://serupa.id, diakses pada Desember 2023)

Raras H L K. 2012. Pengaruh Penggunaan Perangkat Power Point Terhadap Pembelajaran Pebelajar, (Hal 8-18)

Sudaniti W.T. 2011. Peningkatan Keterampilan Bercerita Pebelajar Kelas VIIB Prambanan Sleman Dengan Menggunakan Perangkat Boneka Tangan, (Hal 12-14)

Hasanah U. 2021. Pengertian Menulis Menurut Para Ali, (Hal 7-19)

Putri Mulia V.K. 2022. Langkah Langkah Menyusun Teks Deskripsi, (Dalam https://www.compas.com, diakses pada Desember 2023)

Kherysuryawan. 2024. Materi Pelajaran bahasa Indonesia K13 Kelas 7 Semester 1&2 Revisi terbaru, (Dalam https://kherysuryawan.id, diakses pada Desember 2023)

Aditya. 2023. Ringkasan Materi Teks Deskripsi SMP Kelas 7 Beserta Penjelasannya, (Dalam https://mamikos.com, diakses pada Februari 2024)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.