PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN KRITIS PADA SISWA KELAS IX B SMP AN NASHR, WAJAK, KABUPATEN MALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Dini Fitriningtyas

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian dengan menggunakan Model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran, yaitu untuk mengetahui keberhasilan kemampuan menulis teks tanggapan kritis dan perubahan aktivitas peserta didik melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketercapaian pembelajaran. Data kualitatif dianalisis dengan prosedur reduksi, paparan, dan simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa hasil proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian diperoleh (1) nilai rata-rata tes belajar siswa dalam pratindakan sebesar 67 menjadi 85 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan kembali menjadi 93 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 24%, 86%, dan 100% (2) nilai rata-rata proses pembelajaran siswa dalam pratindakan sebsar 69 menjadi 80 pada siklus I kemudian menjadi 82 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 29%, 81%, dan 86%. Dari perbandingan data tersebut, diketahui bahwa peserta didik lebih responsif terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis teks tanggapan kritis, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Kata Kunci: problem based learning, kemampuan menulis, teks
tanggapan kritis


Full Text:

PDF

References


Aspridanel, A., Jalmo, T., Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based

Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir

Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2).

Evi Susilowati1, S. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Pendekatan Problem Based

Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi

Pendidikan, 2(1).234–242.

Fussalam, Y.E & Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP

Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan. Vol.3, No.1.

Harahap, S.N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learning terhadap Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis oleh

Siswa Kelas IX B BSMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran

/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika. Universitas

Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Hasanah, U., Sarjono., Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based

Learning terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem.

Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol.7, No.1.

Jacub, T.A., Marto, H., Darwis, A. (2020). Model Pembelajaran Problem Based

Learning dalamPeningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan

Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Jurnal Penelitian. Vol.2, No.2.

Karimatus Saidah et al. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan

Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri

Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 10–16.

Lisman, Khoirunnisa Shidqiyyah Zainab, dan Helmi Wicaksono. (2021).

Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTs Al-

Maarif Banyorang. Jurnal Al – Qiyam. 2(1), 168–175.

Mahliga, E. N., Sumadi and Susilowati, N. E. (2021). Kesalahan Sintaksis pada

Teks Tanggapan Kelas IX B SMPN 12 Malang. JoLLA: Journal of

Language, Literature, and Arts, 1(5). 683–695.

Muthmainnah., Libran, R., Mastia. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menyusun

Teks Tanggapan Kritis dengan Menggunakan Metode Critical Thinking.

Prosiding. 3(1).

Ruata, N. and Wicaksono, H. (2020). Hubungan Intensitas Komunikasi,

Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada

Mahasiswa Universitas Musamus). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan.

(1).

Sophia Pinastiti, G. (2019). Penerapan Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada

Siswa Kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret

Surakarta.

Sukamsinah and Mulyono, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru

Melaksanakan Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui

Supervisi Klinis. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), pp.

–1376.

Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi. Vol.9, No.2.

Sulfemi, W.B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru

dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno. Vol.18, No.2.

Togas, G.F., Senduk, T.M., Rotty, V.N.J. (2021). Kemampuan Menyusun Teks

Tanggapan Kritis Siswa Kelas IX B BSMP Negeri 1 Tomohon dengan

Model Pembelajaran Example Non Example. Jurnal Ilmiah Bahasa dan

Seni. Vol.1, No.12.

Triningsih, D.E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan

Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis melalui Pembelajaran

Berbasis Proyek. Jurnal Cendekia. Vol.15, No.1.

Wicaksono, H. (2016). Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam

Pembelajaran Menulis Puisi. Kongres Bahasa Indonesia (KBI). 1– 23.

Yunus, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Batara Gowa.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Yusri, A.N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning

terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII

di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa. Vol.7, No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.