PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN KRITIS PADA SISWA KELAS IX B SMP AN NASHR, WAJAK, KABUPATEN MALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian dengan menggunakan Model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran, yaitu untuk mengetahui keberhasilan kemampuan menulis teks tanggapan kritis dan perubahan aktivitas peserta didik melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketercapaian pembelajaran. Data kualitatif dianalisis dengan prosedur reduksi, paparan, dan simpulan. Penelitian menunjukkan bahwa hasil proses dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian diperoleh (1) nilai rata-rata tes belajar siswa dalam pratindakan sebesar 67 menjadi 85 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan kembali menjadi 93 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 24%, 86%, dan 100% (2) nilai rata-rata proses pembelajaran siswa dalam pratindakan sebsar 69 menjadi 80 pada siklus I kemudian menjadi 82 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 29%, 81%, dan 86%. Dari perbandingan data tersebut, diketahui bahwa peserta didik lebih responsif terhadap pelaksanaan pembelajaran menulis teks tanggapan kritis, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Kata Kunci: problem based learning, kemampuan menulis, teks
tanggapan kritis
Full Text:
PDFReferences
Aspridanel, A., Jalmo, T., Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based
Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir
Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2).
Evi Susilowati1, S. (2019). Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan
Peningkatan Hasil Belajar Tematik melalui Pendekatan Problem Based
Learning Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi
Pendidikan, 2(1).234–242.
Fussalam, Y.E & Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP
Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan. Vol.3, No.1.
Harahap, S.N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning terhadap Kemampuan Menyusun Teks Tanggapan Kritis oleh
Siswa Kelas IX B BSMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran
/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika. Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Hasanah, U., Sarjono., Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based
Learning terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem.
Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Vol.7, No.1.
Jacub, T.A., Marto, H., Darwis, A. (2020). Model Pembelajaran Problem Based
Learning dalamPeningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan
Kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Jurnal Penelitian. Vol.2, No.2.
Karimatus Saidah et al. (2021). Sosialisasi Peran Apersepsi untuk Meningkatkan
Kesiapan Belajar Anak di Sanggar Genius Yayasan Yatim Mandiri
Cabang Kediri. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Pendidikan Dasar, 1(1), pp. 10–16.
Lisman, Khoirunnisa Shidqiyyah Zainab, dan Helmi Wicaksono. (2021).
Strategi Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di MTs Al-
Maarif Banyorang. Jurnal Al – Qiyam. 2(1), 168–175.
Mahliga, E. N., Sumadi and Susilowati, N. E. (2021). Kesalahan Sintaksis pada
Teks Tanggapan Kelas IX B SMPN 12 Malang. JoLLA: Journal of
Language, Literature, and Arts, 1(5). 683–695.
Muthmainnah., Libran, R., Mastia. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menyusun
Teks Tanggapan Kritis dengan Menggunakan Metode Critical Thinking.
Prosiding. 3(1).
Ruata, N. and Wicaksono, H. (2020). Hubungan Intensitas Komunikasi,
Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada
Mahasiswa Universitas Musamus). Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan.
(1).
Sophia Pinastiti, G. (2019). Penerapan Problem Based Learning untuk
Meningkatkan Minat dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada
Siswa Kelas 8B SMP Kristen Satya Wacana Salatiga. Skripsi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret
Surakarta.
Sukamsinah and Mulyono, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru
Melaksanakan Model Pembelajaran Problem Based Learning melalui
Supervisi Klinis. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), pp.
–1376.
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi. Vol.9, No.2.
Sulfemi, W.B., & Supriyadi, D. (2018). Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru
dengan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Edutecno. Vol.18, No.2.
Togas, G.F., Senduk, T.M., Rotty, V.N.J. (2021). Kemampuan Menyusun Teks
Tanggapan Kritis Siswa Kelas IX B BSMP Negeri 1 Tomohon dengan
Model Pembelajaran Example Non Example. Jurnal Ilmiah Bahasa dan
Seni. Vol.1, No.12.
Triningsih, D.E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan
Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis melalui Pembelajaran
Berbasis Proyek. Jurnal Cendekia. Vol.15, No.1.
Wicaksono, H. (2016). Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam
Pembelajaran Menulis Puisi. Kongres Bahasa Indonesia (KBI). 1– 23.
Yunus, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Batara Gowa.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Yusri, A.N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII
di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa. Vol.7, No.1
Refbacks
- There are currently no refbacks.