PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU WALISONGO SIDOARJO

Rizka Aulia, Dr. Sikky El Walida, S.Si., M.Pd, Siti Nurul Hasana, S.Si., M.Sc

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran flipped classroom dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas VIII dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model pembelajaran flipped classroom pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs NU Walisongo Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas merupakan tindakan yang bersiklus yang mana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A MTs NU Walisongo yang berjumlah 20 peserta didik. Adapun hasil peningkatannya adalah sebagai berikut. (1) Hasil nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan yaitu pada pratindakan diperoleh 73, pada siklus I meningkat menjadi 75,75, dan pada siklus II dengan peningkatan 83,75. (2) Persentase ketuntasan mengalami peningkatan yaitu pada pratindakan diperoleh 55%,  pada siklus siklus I meningkat menjadi 60%, dan pada siklus II dengan peningkatan 80%. (3) Hasil observasi guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 80,76% menjadi 94,23% pada siklus II. (4) Hasil observasi peserta didik mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 63,63% menjadi 86,36% pada siklus II. (5) Hasil wawancara dengan peserta didik mengalami peningkatan yaitu, pada siklus I 33,33% menjadi 66,66% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi relasi dan fungsi

Kata kunci: peningkatan, model pembelajaran flipped classroom, kemampuan pemecahan masalah  matematis


Full Text:

PDF

References


Anggreni, D., & Busrah, Z. 2022. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Relasi Dan Fungsi Pada Siswa Mts Kelas VIII. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 1-6.

Damayanti, H. N., & Sutama, S. 2016. Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap dan Ketrampilan Belajar Matematika di SMK. Manajemen Pendidikan, 11(1), 2-7.

Ghofur, A., & Rachma, E. A. 2021. Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Menggunakan Kelas Digital. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 56-65.

Jamal, F. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika),1(1),18–36.

Khoirotunnisa', A., & Irhadtanto, B. 2019. Pengaruh model pembelajaran Flipped Classrom Tipe Traditional Flipped terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 153-163.

Munfaridah, L. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.

Raharjo, A. M., & Christanti, A. D. I. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Kanisius Gayam Dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 1, pp. 281-292).

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran PelangiMatematika.Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1),29–37.

Rohmatulloh, R., & Nindiasari, H. 2022. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. EDUKATIF: Jurnal Ilmu PendidikaN, 4(1), 436-442.

Sari, M., Anggoro, B. S., & Sugiharta, I. 2020. Analisis Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Dampak Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran. Nabla Dewantara, 5(2), 94-106.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. 2019. Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau Dari Self-Efficacy. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 116-123)

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Zulfah. 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ( TPS ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. 01(2), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.