IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT DENGAN STAND UP COMEDY DI KELAS X-5 SMAN 1 GONDANGLEGI

Afan Alfian Rizal

Abstract


Abstrak: Implementasi pembelajaran merupakan merupakan suatu tindakan praktis yang dilakukan dengan proses penerapan ide, konsep, atau inovasi dan dapat memberikan dampak, baik berupa proses pembelajaran, maupun pada aspek nilai dan sikap. teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur bertujuan untuk menghibur pembacanya jadi tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol, dan menjengkelkan tetapi juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum. Stand-up comedy merupakan penampilan humor atau candaan di mana seorang komika (sebutan komedian) berdiri di depan penonton dan menyampaikan monolog atau rangkaian lelucon, cerita lucu, observasi humor, atau materi komedi lainnya secara langsung tanpa menggunakan properti atau kostum khusus.. Hal tersebut memiliki arti penerapan teks anekdot dengan video stand up comedy pada kelas X-5 SMA Negeri 1 Gondanglegi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif yang bermaksud mendeskripsikan manfaat penayangan video berupa stand up comedy pada materi teks anekdot di salah satu kelas SMA Negeri 1 Gondanglegi. . Penelitian ini berfokus pada kelas X-5 yang memiliki 35 siswa dengan rincian 25 perempuan dan 10 laki-laki dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda.

 

Kata Kunci : Implementasi, pembelajaran teks anekdot, stand up comedy


Full Text:

PDF

References


Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Laksono, P. T. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran BIPA Darmasiswa pada Pembelajaran Tingkat Mahir Rendah. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya IKIP Budi Utomo Malang Vol. 26 Nomor 2. Jawa Timur.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhadjir Neong, 1996. Metode Penelitian Kualitatif. Rakesarasin. Yogyakarta.

Muthmainnah, Fatmawati, M. A., Hanifatul Rahmi, S. I., Muhammad Iqbal Nasution, N. Y., & Nurul Hidayah Nasution, N. (2022). Pemanfaatan dan Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Jejak, anggota IKAPI.

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, N. F., Muttaqin, K. (2021). Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jawa Timur: CV. Literasi Nusantara Abadi, anggota IKAPI.

Prasetyoningsih, L. S. A. (2020) Pembelajaran Keterampilan Literasi Permulaan Anak Disabilitas Autis Dengan Strategi ABA Modifikasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jawa Timur: CV. Literasi Nusantara Abadi, anggota IKAPI.

Suwandi, Sarwiji. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Industri 4.0. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, anggota IKAPI.

Wikanengsih, Heri Isnaina, Yesi Maylani Kartiwi. (2018). Pembelajaran Teks Anekdot dengan menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas X SMK Profita Bandung 2018/2019.Jurnal onoma PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Vol. 5 Nomor 2.

Zulva, Fauziah. (2020). Penggunaan Media Multisensori untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Lamban Belajar di MI Sunan Muria. Jurnal PBSI FKIP Universitas Islam Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.