Efektivitas Media Folklor Bermuatan Lumbung Pengetahuan Probolinggo dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas 11 Teknik SMAN 1 Kraksaan

Fadilah Risanur Patricia

Abstract


Abstrak: Kemampuan menulis cerita pendek tidak hanya dibutuhkan kemampuan memahami teori yang berkaitan dengan pengertian, struktur, dan unsur pembentuk cerpen. Namun juga dibutuhkan dorongan berupa stimulus. Salah satunya menggunakan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo, yang dapat membantu mereka menumbuhkan kreativitas dan proses imajinasi, berupa gagasan, pendapat, ide, inspirasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas penggunaan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo yang digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek peserta didik kelas XI Teknik SMAN 1 Kraksaan. Studi ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental desain One Grub Pretest-Posstest. Sampel eksperimen yang dipilih untuk penelitian ini adalah kelas XI Teknik, yang terdiri dari 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI Teknik SMAN 1 Kraksaan penggunaan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo efektif digunakan dalam pembelajaran cerita pendek. Berdasarkan hasil uji-t sampel berpasangan (paired sampel t test) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05,  dapat dinyatakan Ho ditolak an HI diterima.

Kata kunci : efektivitas, media, folklor, lumbung pengetahuan, keterampilan
menulis, cerita pendek


Full Text:

PDF

References


Amanat, T. (2019). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Folklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 65. https://doi.org/10.22146/jpt.49277

Atrinawati, R. A. (2018). Speaking berbasis folklor untuk pengembangan pariwisata. Harmoni, 2(1), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/hm.2.1.%25p

Bunga, R. D., Rini, M. M., & Serlin, M. F. (2020). Peran Cerita Rakyat Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indoneisa Di Kabupaten Ende. Retorika, 1(1), 65–77. https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/RJPBSI/article/view/515

Laksono, P. T. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Bipa Darmasiswa Pada Pembelajar Tingkat Mahir Rendah. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 26(2), 106–119. https://doi.org/10.33503/paradigma.v26i2.797

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(September), 16–31. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Nurita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192

Nursitawati, E. F., Sumarwati, S., & Rohmadi, M. (2017). Improving Writing Short Story Skill Based on Folklore By Using Think Talk Write Method. Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa, 11(1), 53. https://doi.org/10.24036/ld.v11i1.7700

Putri, N. (2021). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Milenial. Die Satzung Des Völkerbundes, 05, 61–67. https://doi.org/10.1515/9783112372760-010

Rifki, M., & Ambarwati, A. (2023). Narasi Kearifan Lokal Gerabah Pademawu sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bermuatan Seni Madura (Narrative of Local Wisdom of Pademawu Pottery as Teaching Material Indonesian Containing Madurese Art). Indonesian Language Education and Literature, 9(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v9i1.11459

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa SMA. Parafrasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 4(1), 1–8. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/view/1902%0Ahttps://jurnal.unikal.ac.id/index.php/parafrasa/article/viewFile/1902/1151

Surbakti, K., Br, E., Sekali, K., & Sembiring, B. R. (2023). Pemanfaatan folklor (cerita rakyat) sebagai sumber dan media belajar bagi siswa. 7(1).

Syukur, L. O. O., Ibrahim, I., Sahidin, L. O., Sofyan, N. I., & Alias, N. (2022). Pegembangan Penulisan Cerpen Berbasis Cerita Rakyat (Development of Creating Short Story Based on Folktale). Kandai, 18(2), 318. https://doi.org/10.26499/jk.v18i2.4549

Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 4 Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(1), 22. https://doi.org/10.17509/t.v3i1.3457

Wahyuni, S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa (F. N. Atif (ed.)). PT Refika Aditama.

Widiastuti, Y., Rani, A., & Wahyuni, S. (2023). Implementasi Dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Anekdot Untuk Siswa Sma. Semantik, 12(1), 61–74. https://doi.org/10.22460/semantik.v12i1.p61-74

Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah. (2022). Pelatihan menulis puisi siswa kelas iv sekolah dasar. Publikasi Ilmiah Unwahas, 7(2), 184–188.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.