Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kampanye Anti Perundungan Pada Pembelajaran Teks Anekdot Siswa Kelas X SMAN 8 Malang

Bela Tri Laksana

Abstract


Abstrak: Penguatan profil pelajar pancasila dapat menekan terjadinya perundungan. Oleh karena itu, pengimplementasian profil pelajar pancasila di seluruh mata pelajaran sangat penting adanya, termasuk di mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yakni mengangkat permasalahan terkait penguatan profil pelajar pancasila melalui kampanye anti perundungan pada pembelajaran teks anekdot siswa kelas X SMAN 8 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi profil pelajar pancasila melalui kampanye anti perundungan pada pembelajaran teks anekdot siswa kelas X SMAN 8 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah mempersiapkan berbagai komponen baik atp, modul ajar, dan penilaian dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis projek. Peserta didik menyusun projek pembuatan teks anekdot dengan tema anti perundungan secara manual. Pengimplementasian pembelajaran berdiferensiasi memberikan kebebasan peserta didik untuk memilih pembuatan teks atau komik anekdot. Pembelajaran dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas. Evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi non tes berupa angket yang berisi 25 petanyaan dan diperoleh hasil 5 pertanyaan berkenaan pembelajaran berbasis projek peserta didik memilih sangat setuju, 16 pertanyaan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran peserta didik memilih setuju, dan 4 pertanyaan evaluasi pembelajaran peserta didik memilih kurang setuju.  

 

Kata Kunci: Kampanye anti perundungan, penguatan profil pelajar pancasila, teks anekdot.


Full Text:

PDF

References


Halidu, S. (2020). Penerapan Karakter pada Keterampilan Berbicara. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 85–94.

Hasan, A., Suyoto, Utami, R. E., & Rachmawati, Y. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Di SDN Sendangmulyo 02. Innovative: Journal Of …, 3, 2103–2110. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/553

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 9–46. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Marasaoly, S., & Umra, S. I. (2022). Pencegahan Perundungan (Bullying) Terhadap Siswa SD Dan SMP Dalam Implementasi Kota Peduli Ham Di Kota Ternate. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara dan Politik Islam, 9(2), 94–112. https://doi.org/10.32505/politica.v9i2.4873

Mulyati, Y. (2014). Hakikat Keterampilan Berbahasa. Hakikat Keterampilan Berbahasa, 1–34.

Nisa, I. C. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Poster Kelas 8 di Sekolah Inklusi Mts Maarif NU Kota Malang. Unisma Repository, 01, 1–23.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9, 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, N. F., & Muttaqin, K. (2021). Keterampilan Berbicara: Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Ahmad Ariyanto (ed.); 1 ed.). Literasi Nusantara.

Syafitri, F. (2020). Kampanye Anti Bullying untuk Mencegah Bullying pada Siswa SD Negeri Pacitan. 274–282.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan dan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, (2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.