Penggunaan Bahasa Daerah Dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Di SMAN I Masalembu

asyiqah iga iga

Abstract


Abstrak: Bahasa daerah merupakan bahasa yang lahir dari kultur budaya khususnya di Indonesia, sehingga dalam penerapan bahasa nasional menjadi pilihan yang di posisikan nomor dua setelah bahasa daerah. Tidak menutup kemungkinan di SMA 1 Masalembu, yang pada dasarnya secara garis geografi masalembu merupakan daerah yang terdiri dari penduduk kebanyakan Madura. Data pada penelitian ini  mengangkat sebuah fokus penelitian tentang (1)Penggunaan Leksikal Bahasa Daerah terhadap penggunaan Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Masalembu, (2) Penggunaan Gramatikal Bahasa Daerah terhadap penggunaan Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAN 1 Masalembu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang penggunaan bahasa daerah leksikal dan gramatikal dalam proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMAN I Masalembu kelas XI Mipa I.  Hasil yang di peroleh dalam penelitian ini, secara garis besar terdapat setidaknya dua bagian, leksikal dan gramatikal. Penggunaan leksikal pada bahasa daerah dalam proses belajar mengajar ditemukan lima jenis kata, yaitu: Nomina,(5 kata) Adjektiva,(7 kata) verba,(16 kata), kata tugas (5 kata) kata morfologi (5 kata). Dan pengaruh gramatikal yang meliputi satu kata, yaitu: sintaksis (5 kata). Kemudian pada hasil tersebut, dapat di rumuskan pembahasan, bahwa penggunaan bahasa daerah terhadap bahasa indonesia secara leksikal ditemukan 38 penggunaan bahasa daerah yang digunakan dan 5 kategori gramatikal bahasa daerah yang digunakan, penyampain yang menggunakan bahasa daerah dalam proses belajar mengajar tersebut mempunyai dampak efektif dan maksimal dalam pemahaman siswa-siswi hal ini tidak terlepas dari faktor-faktor. Faktor penggunaan bahasa daerah tersebut yaitu, kebiasaan, lingkungan dan relasi guru yang melatar belakangi terjadinya pengaruh bahasa daerah terhadap bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar. 

Kata Kunci : Penggunaan, Bahasa Daerah, Proses Belajar Mengajar.


Full Text:

PDF

References


BUKU

Abdul Chaer dan Leoni Agustin. 2004. Sosiolinguistik, Perkenalan Awal: Jakarta PT Rineka Cipta .

Ade Suryani Nasution, Anis Syafa Wani, Edi Syahputra. Sejarah Pekembangan Bahasa Indonesia, Multi Disiplin Dehasen (Mude),

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Dr. Retno Analisa Larasati, S.E., dkk. 2021. Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Penerbit: Media Sains Indonesia.

Dr. Mison Immanuel Daud. 2022. Perkembangan Kurikulum Sekolah Minggu Gereja-Gereja Manado. Penerbit: Publica Indonesia Utama.

Dr. Muhammad Ramdhan, S.Pd., M.M. 2021. Metode Penelitian. Penerbit: Cipta Media Nusantara.

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Yunus Abidin. Konsep Dasar Bahasa Indonesia, Di Cetak Oleh Sinar Grafika Offset: Jakarta 2019.

JURNAL

Ahmad Sofyan, Fonologi Bahasa Madura, Volume 22. No. 2 Juni 2010. Halaman 207.

Ismail Marzuki, Intraksi Verbal sebagai pembentuk identitas personal dan kelompok pada mahasiswa pascasarjana pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM Tahun 2015, Volume. 2, No. 1, Februari 2021.

Muhammad Yusuf, Bahasa Bugis dan Pengulisan Tafsir du Sulawesi Selatan, Volume. 12, No. 1, Juni 2012, Hal, 77-96.

Marsudi, Eksistensi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, Vol.1 No.2, November 2008.

Nurul Al-Fatana, Pemertahanan Bahasa Mandar oleh suku Mandar yang Berdomisili di kota Makassar Sulawesi Seltan, Vol.2, No.1, 2021.

Rumandang Bulan, D. Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Bangsa Indonesia. JISIPOL/ Jurnal Ilmu Sosiolinguistik Dan Ilmu Politik, Vol.3 No.2 (2019).

Tridays Repilita, Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia (Ditinjau dari Prespektif Sejarah Bangsa Indonesia), jurnal Artefak : histori and education, Vol.5 No.1 April 2018.

Susetyo, Peran Bahasa Indonesia Sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia 2015.

Masrurah Mokhtar, Interferensi Morfologi Penutur Bahasa Bugis dam Pembahasa Indonesia (2012).

Teuku Mahmud. 2018. Pengaruh Bahasa Daerah terhadap penggunaan Bahasa Indonesia secara bersamaan pada siswa di sekolah SMPN 1 Geulumpang Baro Kabupaten Pidie. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Hal 306.

Widiyastuti dalam Jurnal Humanika Desember 2015. Prose Pembentukan Nomina Bahasa Muna Dialek Gu-Mawasangka. No. 15, Vo. 3

Humaniora dalam Jurnal Dewi Ratnasari Oktober 2009. Perilaku Adjektiva Terhadap Nomina Dalam Frasa dan Klausa Bahasa Jerman dan Bahasa Indonesia. Vol. 21, No. 3 Halaman 286.

Tatang Suparman dalam Jurnal Laporan penelitian mandiri September 2009, Perilaku Sintaksis Verba keadann Bahasa Indonesia. Hal.08.

Intan Pratami, Emidar, Ellya Ratna. Penggunaan Kata Tugas Dalam Teks Eksposisis Siswa Kelas VII SMP Negri 2 Bukit Tinggi, dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Vol. 5 No. 2 September 2016.

Indri Widhihastui, dalam skripsi. Interferensi Leksikal Bahasa Jawa Dalam Tuturan Guru Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Klakan Selo Boyolali Tahun ajaran 2010-2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.