PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMPN 18 MALANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Novia Dewi Arsha, Zainal Abidin, Ettie Rukmigarsari

Abstract


Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan yang sangat penting dan mendasar bagi siswa. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran SSCS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SSCS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas VIIIB SMPN 18 Malang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan indikator keberhasilan: 1) hasil observasi kegiatan guru mencapai persentase ≥ 80%, 2) hasil observasi kegiatan siswa mencapai persentase ≥ 80%, 3)  siswa mendapatkan skor tes akhir  , dan 4)  50% siswa merespon baik pada saat wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara, tes akhir siklus, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SSCS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) pendahuluan, (2) kegiatan inti, dengan menerapkan tahap model pembelajaran SSCS yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap search, tahap solve, tahap create, dan tahap share, (3) kegiatan penutup. Aspek-aspek peningkatan kemampuan pemecahan siswa dapat dilihat dari: 1) hasil observasi kegiatan guru pada siklus I mencapai 80,87%  meningkat pada siklus II menjadi 90,87% , 2) hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I mencapai 74,35% meningkat pada siklus II menjadi 88,26%, 3) hasil tes akhir siklus I menunjukkan 63,33% siswa tuntas meningkat menjadi 83,33% siswa tuntas, dan 4) hasil wawancara pada siklus I menunjukkan 3 dari 6 siswa yang merasa senang dan memberikan respon baik terhadap pembelajaran, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 5 dari 6 siswa merasa senang dan memberikan respon baik terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran SSCS.

Kata kata kunci: Model Pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS), Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. dan Wulandari, T.C. 2022. The Model of Analytical Geometry Interactive Module using Systematic, Active, Effective (SAE) Model to Support Students’ Autonomous Learning and Mathematics Education Competence. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, Volume 06, Issue 05, pp-76-80. (http://www.ajhssr.com).

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. 2016. Pentingnya Kemampuan Pemecahan Masalah PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151-160.

Deli, Maida. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau. Vol 4 (1): 72-78.

Falah, C. N. M., Windyarini, S., Suhendar. 2018. Peningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) Berbasis Etnosains. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 2(1): 25-32.

Gunantara, G. D., Suarjana, M. D., & Riastini, N. P. T. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2 (1).

Mariani, Y., & Susanti, E. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran MEA (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 (1): 13-25.

Nursalam. 2016. Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Studi pada Siswa SD/MI di Kota Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol 19 (1): 1-15.

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., dan Nuryana, D. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 6 (2): 82-90.

Rahmawati, N. T., Junaedi, I., & Kurniasih, A. W. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 2(3): 67-71.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan & Matematika. Vol 9 (2): 175-187.

Winarti, D. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Belajar Pada Materi Pemecahan SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 6(6): 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.