PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PELUANG

Sanuriah Sanuriah, Surahmat Surahmat, Sikky El Walida

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dalam meningkatkan kemampuan memecahkan peluang masalah materi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Ma'arif 03 Kota Malang sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari: tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun deskripsi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh yakni: (1) ketuntasan pada tes akhir siklus I sebesar 65% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 61,2. Sedangkan pada siklus II mencapai 80% dengan nilai rata-rata 78,55.(2) hasil observasi kesesuaian kegiatan guru dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 74% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,4%. (3) hasil observasi kesesuaian aktivitas siswa dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I mencapai 71,6% sedangkan pada siklus II menjadi 85,2%. (4) hasil proporsi wawancara dari 3 siswa pada siklus I mencapai 66,66% yaitu 2 dari 3 siswa menyatakan senang dan pada siklus II menjadi 100% yaitu semua siswa menyatakan senang dengan penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe Perebutan . Berdasarkan hasil penelitian, dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scrambledapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah materi peluang pada siswa kelas VIII SMP Islam Ma'arif 03 Kota Malang tahun ajaran 2022/2023.

 

Kata kunci : Penerapan, Kooperatif tipe Scramble , Kemampuan Pemecahan Masalah.


Full Text:

PDF

References


Efendi, A., Fatimah, C., Paranita, D., & Ulfa, M. 2021. Pemahaman Gen Z terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 (2): 116-126.

Gapsari, N., Kamariah., & Meirista, E. 2020. Aplikasi Model Pembelajaran Scarmbel dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 (2): 64-70.

Indah, P., & Nuraeni, R. 2021. Perbandingan Kemampuan Penalaran Deduktif Matematis Melalui Model PBL dan IBL Berdasarkan KAM. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.Vol 10 (1): 165-176.

Iswara, E., & Sundayana, R. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dan Direct Instruction Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 (2): 223-234.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. R. 2020. Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharaf: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9 (1): 35-46.

Siswanto, R. D., & Ratiningsih, R. P. 2020. Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Bangun Ruang. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 3 (2): 96-103.

Suraji., Maimunah., & Saragih, S. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education. Vol 4 (1): 9-16.

Sutrisno, J. 2022. Geometri Kemampuan Pemecahan Masalah. Tanggerang: Penerbit Lembaga Literasi Dayak.

Widahyanti., Sunismi., & Zauri, A. S. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII-C SMP Diponegoro Tumpang. JP3. Vol 17 (18): 1-13.

Widyawati, Yayuk. 2022. Teknik Buzz Group Dalam Pembelajaran Matematika. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Zakariah, M.A., Afriani, V., & Zakariah, M. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research And Development (R n D). Sulawesi: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.