GAYA BAHASA USTAZ ADI HIDAYAT DALAM VIDEO CERAMAH "HADIAH ALLAH KETIKA MENGALAMI KESULITAN" PADA MEDIA YOUTUBE

Muchamad Fajar Arafat

Abstract


Abstrak: Ustaz Adi Hidayat merupakan salah satu dari sekian banyak dai yang berdakwah lewat platform media daring. Media yang dipakai oleh beliau adalah youtube. Youtube sendiri adalah platform media berupa video yang bisa diakses secara daring. Layanan koneksi internet yang cepat semakin memudahkan bagi jemaah beliau maupun umat islam secara umum dalam mengikuti kajian-kajian rutin yang beliau adakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara bertutur seorang ustaz dalam menyampaikan ceramah. Baik dari segi bahasa, pemilihan diksi, nada, serta struktur kalimat yang digunakan dalam menyampaikan ceramah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Langkah-langkah teknik analisis data yang digunakan adalah pentranskripsian, pengklasifikasian, dan penyimpulan.

Jika dilihat dari segi penggunaan bahasa, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada penggunaan bahasa resmi dan tidak resmi dalam ceramah yang beliau sampaikan. Namun, apabila ditinjau dari segi struktur kalimat  ditemukan adanya struktur kalimat berupa klimaks, antiklimaks, paralelisme, antitesis, dan repetisi pada transkrip ceramah yang telah beliau sampaikan. Pilihan kata ustaz Adi Hidayat yang cukup santai, menghibur, menyisipkan bahasa daerah dan meyakinkan para pendengar ceramah, penggunaan kata yang mudah dipahami. Penceramah menggunakan gaya bahasa secara variatif agar para jemaah tidak merasa bosan saat mendengar ceramah. Penggunaan nada sederhana merupakan cara efektif dalam menyampaikan pelajaran, perkuliahan atau ketika berdakwah. Gaya bahasa repitisi bertujuan untuk menekankan kata, kalimat atau ungkapan penting yang perlu diulang dan ditekankan ketika menyampaikan materi dakwah.

Kata kunci: gaya bahasa, ceramah, ustaz adi hidayat, media


Full Text:

PDF

References


Amin, Samsul Munir. 2013. Ilmu Dakwah. Jakarta: AMZAH.

Anjani, Eka. (2019). Gaya Bahasa K.H. Zainuddin M.Z. dalam Ceramah Isra’ Mi’raj di Tangerang Selatan. Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah. Vol. 1. No. 1. 140

Aziz, Moh Ali. (2018) Publik Speaking Gaya dan Teknik Pidato Dakwah, Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

David, Eribka Ruthellia, dkk. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id

Fajar Alamsyah dkk. (30 April 2017). Diksi Dan Gaya Bahasa Dalam Ceramah Agama Tengku Hanan Attaki,” Bahasantodea. Vol. 5. No. 2. 14.

Faisol, M. (2017). Peran Pondok Pesantren dalam Membina Keberagaman Santri. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 37–51. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Masyhur, M. (2012). Fiqh Dakwah, terj. Abu Ridho et.al, Cet. ke 12. Jakarta: Al-I`tishom.

Fitri, Rahma. 2015. Kitab Super Lengkap EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Ilmu Media

http://m.cnnindonesia.com. Diakses pada tanggal 23 Juni 2023 pukul 11:27 WIB.

Junita, L., Emilda, E., & Maulidawati, M. (2022). Analisis Gaya Bahasa dan Diksi dalam Acara Humor Stand Up Comedy Season 7 di Kompas TV. KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 49-63.

Keraf, Gorys. 2006. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama

Kurniawan, M. (2020). Efektivitas Dakwa Melalui Media Sosial di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmu Agama, 01(02).

Mara, R. S., & Bahry, R. (2019). Analisis Gaya Bahasa Sindiran dalam Syair Didong Jalu Arita Mude dan Biak Cacak. Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(1), 61-79.

Minderop, Albertine. 2011. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Mubasyaroh, (2016). Dakwah Dan Komunikasi (Studi Penggunaan Media Massa Dalam Dakwah). Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 4, No. 1. 95-114, doi:10.21043/at-tabsyir.v4i1.2908.

Obi Samhudi, Chairil Effendy, and Christanto Syam. (2017).Jenis Dan Fungsi Gaya Bahasa Dalam Pemaknaan Kumpulan Cerpen Kembalinya Tarian Sang Waktu: Stilistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 6, no. 128 https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/vie w/23107.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013 Stilistika Kajian Puitika Bahasa, dan Budaya. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Saputra, & Hendra. (2020). Tantangan Dakwah dalam Arus Perkembangan Media Sosial. Al-Hikmah. 07(01).

Sudaryat, Yayat. 2009. Makna dalam Wacana. Bandung: CV Yrama Widya.

Syamsuddin. 2016. Pengantar Sosiologi Dakwah. Jakarta : Kencana

Tajiri, Hajir. 2015. Etika dan Estetika Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.

Waridah, Ernawati. 2016. EYD dan Seputar Kebahasaan-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 03(01).

Zaimarni, S., Charlina, C., & Rumadi, H. (2020). Gaya Bahasa Perbandingan Fahri Hamzah dalam Acara Indonesia Lawyers Club. Jurnal Ustaz Adi Hidayat: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(1), 10-16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.