Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Segiempat

Firjon Nurisna Hadi Al Haq, Sikky El Walida, Fadhila Kartika Sari

Abstract


Abstrak: Konsep berperan banyak dalam memahami berbagai persoalan matematika, baik dalam masalah kompleks atau masalah kontekstual. Penelitian yang dilaksanakan memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penjabaran deskriptif. Subjek yang digunakan pada penelitian yaitu peserta didik kelas VII G MTs Al-Hidayah Karangploso. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep matematika materi segiempat berjumlah 2 butir soal uraian. Analisis data yang diperoleh yaitu dengan memberikan penilaian atau skor pada jawaban subjek, kemudian skor yang diperoleh diubah berdasarkan persentase kategori yang ditentukan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada indikator menyajikan ulang konsep dengan tepat berdasarkan teori memperoleh persentase 54% yaitu pada kategori tingkat sedang dan pada indikator mengaplikasikan konsep untuk memecahkan permasalahan diperoleh persentase 52% pada kategori tingkat sedang.

 

Kata kunci: Pemahaman Konsep, Segiempat.

 


Full Text:

PDF

References


Adhitya, Y. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. [Under Graduates thesis, niversitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/23251/1/4101411153.pdf

Amintoko, G. (2017). Model pembelajaran direct instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar definisi limit bagi mahapeserta didik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 7–12. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.549

Annajmi, A.,. (2023). Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Ash-Shohibiyah Bangun Purba. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 215–224. https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/download/3627/1222

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A.S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.683.

Farida, N. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Hakim. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2443

Hesti, R. M., Prihatini, A., & Azizah, Q. (2022). ). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Inquiry Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 44–51. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i2.24006

Mawaddah, S, dkk. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Smp Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292.

Ningrum, R. W. (2016). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat dan Alternatif Mengatasinya. MATHE Dunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59–66. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n1.p%25p

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DI BANDUNG BARAT. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Rafianti, I., Iskandar, K., & Haniyah, L. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta didik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.