PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS VIII/B MTS ALHAYATUL ISLAMIYAH KEDUNGKANDANG MALANG

ZAKIAH ALMUKARROMAH

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses hasil pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas VIII MTs Alhayatul Islamiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan menulis siswa rendah sebelum menggunakan media gambar seri dalam proses pembelajaran di kelas VIII/B MTs Alhayatul Islamiyah Kedungkandangg Malang. (2) Penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kualitas proses pada keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII/B MTs Alhayatul Islamiyah Kedungkandangg Malang. (3) Penggunaan media gambar seri meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII/B MTs Alhayatul Islamiyah Kedungkandangg Malang. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksplanasi pada pratindakan 70 dengan presentase ketuntasan 70%. Siklus I rata-rata 78,85; presentase 78,85%. Siklus II nilai rata-rata adalah 89,71 dengan presentase ketuntasan 89,71%.

Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Teks Eksplanasi, Media Gambar Seri

  

Full Text:

PDF

References


Al Arufi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap

Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X Sma Negeri 12 Sijunjung.

Padang. Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pgri

Sumatera Barat.

Amir. 2019. Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Bahasa

Indonesia Siswa Kelas VIIB SMP SMP Muhammadiyah 13 Makassar

Melalui Metode Demonstrasi, (Online) (file:///E:/referensi/9779-

Full_Text.pdf, diakses 20 Januari 2023)

Aritonango. 2014. “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis

Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 perbaungan Tahun

Pembelajaran 2014/2015”. Universitas Negeri Yogyakarta.

Desfiana, Vera. 2017. Penggunaan Media Gambar seri.

Ellyana Dan Damayanti. Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk

Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas Iii Sdn

Wonorejo Ii – 313 Surabaya, (Online) (file:///E:/referensi/253125-

penggunaan-media-gambar-berseri-untukmen-d25d35be.pdf, diakses pada

Januari 2023)

Febrianti dan Tina. 2017. “Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen

Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IX SMPN Narmada Tahun

Ajaran 2016-2017”. Skripsi S1. Mataram: Perpustakaan FKIP Universitas

Mataram.

Hayati dkk. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Media Gambar Seri Untuk

Meningkatkan Keaktifan Materi Mengarang Kelas III, (Online)

(file:///E:/referensi/garuda1266857.pdf%20skripsi%20tes.pdf, diakses

pada 18 Januari 2023)

Herman. 2016. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Melalui

Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1

Kutowinangun 2015/2016, (Online) (file:///E:/referensi/9987-21290-1-

SM%20(1).pdf, diakses pada 20 Januari 2023)

http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd

https://repository.arraniry.ac.id/1181/3/SKRIPSI%20VERA%20DESVIANA.pdf.

Hugo, Hartig dalam http://www.sarjanaku.com/2011/08/tujuan-menulis.html.

Iline, C.S. 2013. Impacts of the Demonstration Method in the Teaching and

Learning of Hearing Impaired Children.IOSR Journal Of Humanities And

Social Science, Volume 12, 48-54.

Komariyah. 2018. Pengaruh Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks

Eksplanasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Mataram. Jurnal Skripsi,

(Online) (file:///E:/referensi/JURNAL.pdf, diakses pada 18 Januari 2023)

Kristiani dkk. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Guru Bahasa Indonesia

Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VIII A1 SMP

Negeri 3 Sawan. E-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, Volume 3, 1-12.

Laras, Klara Ken. 2016. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas

Vii Smp Global Madani Bandar lampung Tahun Pelajaran 2015/2016

Ngurah Andi Putra. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan

Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali, (Online)

(file:///C:/Users/berka/Downloads/297192347.pdf, diakses pada 20 Januari

Ningsih. Pemanfaatan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan

Menulis Narasi Siswa Kelas V SD Negeri I Gebang Nguntoronadi

Wonogiri, (Online) (file:///E:/referensi/A310050175.PDF, diakses pada 18

Januari 2023)

Novitasari. 2017. Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi dengan Media Kartu

Mimpi Bergambar Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Malang

Pambudi. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap

Keterampilan Menulis Pantun Siswa kelas IV MI As-Salaamah Pamulang,

(Online) (file:///E:/referensi/ADI%20PAMBUDI-FITK.pdf, diakses pada

Januari 2023)

Ritayani. 2017. “Pengaruh Media Wall Chart (bagan dinding) Dalam

Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas

X SMA Negeri 1 Sekongkang”. Tahun Ajaran 2016/2017.Universitas

Mataram.

Sailirrohmah. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Yang

Bermuatan Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Model

Pembelajaran Circdan Media Flashcard Peserta Didik Kelas Vii C Smp

Negeri 1 Batang.

Sari. 2014. Penerapan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan

Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tapanrejo

Banyuwangi Tahun Pelajaran 2013/2014, (Online)

(file:///E:/referensi/FERIKA%20SARI%20-%20100210204028_1.pdf,

diakses pada 20 Januari 2023)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta Bandung.

Susanti, Vita Devi. 2015. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Media

Video Pendek Fenomena Alam dan Sosial terhadap Kemampuan Menulis

Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMKN 5 Malang”.

Suri. 2023. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Model

Pembelajaran Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al

Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022, (Online)

(file:///E:/referensi/TESIS%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf, diakses

pada 18 Januari 2023)

Sutoyo. 2020. Teknik Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Solo:

UNISRI Press (Online) (file:///E:/referensi/FIX_Pak-Sutoyo-Penelitian-

Tindakan-Kelas_April-2020.pdf, diakses pada 18 Januari 2023)

Taufiqoh. 2018. Implikasi Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk

Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Berbicara Siswa Kelas 1 SD

Insan Amanah Malang, (Online) (file:///E:/referensi/16760056.pdf, diakses

pada 21 Januari 2023)

Wahyuni. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis

Pop-Up Bok Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa

Indonesia Kelas IV DISD/MI, (Online) (file:///E:/referensi/SKRIPSI.pdf,

diakses pada 18 Januari 2023)

Wulandari. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Untuk

Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV Mata

Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Kedungoleng 04 Kec. Paguyangan Kab.

Brebes, (Online) (file:///E:/referensi/1102411102.pdf, diakses pada 21

Januari 2023)

Zaman dan Dienur. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Eksplanasi

Berbasis Adobe Flash Pro Cs5 Pada Siswa Kelas VIII KurikuluM


Refbacks

  • There are currently no refbacks.