PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMA ISLAM AL-MAARIF SINGOSARI

Shifanda Vedarana Pristica Ardyapramesti

Abstract


Abstrak: Modul ajar merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang harus dipersiapkan dengan matang oleh seorang guru sebelum pelaksanaan pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka proses pembelajaran yang dilaksanakan harus menyesuaikan keragaman siswa mulai dari profil dan gaya belajar, minat dan bakat siswa agar pembelajaran dapat lebih menarik, pembelajaran tersebut dinamakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu mendeskripsikan hasil pengembangan modul ajar berdiferensiasi, Mengkaji kelayakan validasi ahli pengembangan modul ajar berdiferensiasi, serta mengkaji efektivitas uji coba pengembangan modul ajar berdiferensiasi dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan Borg and Gall. Hasil pengembangan penelitian ini yaitu guru disekolah membutuhkan adanya modul ajar berdiferensiasi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi serta siswa membutuhkan pembelajaran yang mengacu pada keragaman. Hasil uji kelayakan dari ketiga ahli termasuk pada nilai kategori A yang artinya modul ajar berdiferensiasi sangat layak untuk digunakan. Hasil uji efektivitas modul ajar didapat melalui adanya dua kali uji coba lapangan yaitu uji coba skala kecil dilakukan dengan 15 siswa dengan nilai tertinggi mencapai nilai 96 melalui tujuh aspek penilaian, sedangkan pada uji coba skala besar dengan 31 siswa dengan nilai tertinggi 100. Modul ajar dapat dikatakan sangat layak digunakan karena nilai siswa telah mencapai diatas KKTP. Modul ajar berdiferensiasi ini dapat dikatakan sangat layak digunakan melalui hasil uji kelayakan ahli serta melalui hasil penilaian belajar siswasaat uji efektivitas modul ajar berdiferensiasi.

Kata Kunci: modul ajar, diferensiasi, teks eksposisi


Full Text:

PDF

References


Ambarita, J. (2023). Pengantar Pembelajaran Berdiferensiasi. Indramayu, Jawa Barat.: CV. Adanu Abimata.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Ernawati. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Dididk Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 104.

Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka. Leuwilang, Bogor.: Penerbit Lindan Bestari.

Hindun. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Merdeka, K. (2022, Juli 08). Modul Ajar. Diambil kembali dari Modul Ajar Kurikulum Merdeka: https://kurikulummerdeka.co/modul-ajar-kurikulum-merdeka/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.