PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMK AMANAH HUSADA BATU MELALUI MEDIA SOSIAL

Hesty Dwi Sabila Yasa

Abstract


Abstrak: Proses pembelajaran di kelas tidak terlepas dari beberapa komponen yang memanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pendidikan dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran. Media sosial sebagai media pembelajaran bisa digunakan dengan tidak harus bertatap muka ditempat yang sama, artinya dapat dilakukan secara virtual. Melalui jaringan internet, murid dapat menerima materi yang disampaikan oleh pendidik walaupun jarak mereka.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks resensi. Penelitian ini berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas XI Farmasi SMK Kesehatan Amanah Husada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media soisal dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pada pembelajaran menulis resensi setelah diadakan penelitian pada siklus I mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata prasiklus yang tadinya hanya 15% yang berada di atas KKM, setelah diadakan tindakan penelitian pada siklus I dan II Prosentase yang memiliki nilai di atas KKM menjadi 85%. Berdasarkan pada kajian teori yang menyatakan bahwa tujuan resensi adalah, menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat buku yang baru terbit seperti: siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku itu, bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis karya pengarang yang sama, dan bagaimana hubungannya dengan buku sejenis karya pengarang lain. Maka, siswa telah berhasil menyampaikan hal tersebut dalam tulisan yang dibuatnya.

Kata kunci : keterampilan, menulis, teks resensi, media sosial


Full Text:

PDF

References


Afiksamuddin.2014.Langkah-langkah menulis.(Online),(http://Afikhusamuddin.blogspot.com/2014/06/Langkahlangkah-menulis.html),Diakses 29 Juni 2014.

Ahmadi, Rulam. 2015. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arun,Ulfana.2016.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Menggunakan Teknik Mind Map Pada Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Kesamben.Skripsi tidak diterbitkan.Malang:Universitas Negeri Malang.

Basuki, Ismet., Hariyanto. 2015. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Cornelia,Fransisca.2019.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VIII SMP.Skripsi tidak diterbitkan.Pontianak:Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kosasih, E. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: YRama Widya, 2014

Mudjiono, dan Dimyati. Belajar dan Pembelajara, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Priansa, Donni Juni. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam memahami peserta didik, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Rifai,Muhammad.2016.Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Ulasan dengan Teknik Quantum Writing Pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Malang:Universitas Brawijaya.

Sanjaya, wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendididkan. Jakarta: kencana

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017

Tarigan.2013.Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung:Angka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.