Pengembangan E-Modul Interaktif Teks Lho (Laporan Hasil Observasi) Pada Peserta Didik Kelas X Sman 7 Malang

Noven Setya Retna

Abstract


Abstrak :Penelitian ini berfokus pada implementasi metode pembelajaran yang interaktif dan media ajar yang inovatif di SMA Negeri 7 Malang untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran cenderung kurang interaktif dan siswa seringkali mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun, penelitian ini hanya melibatkan empat tahap ADDIE, karena terbatas pada uji ahli media, ahli materi, dan hasil responden. Dalam tahap analisis, peneliti menemukan bahwa siswa di SMA Negeri 7 Malang membutuhkan cara untuk memahami penulisan teks laporan hasil observasi melalui praktik. Dengan kebutuhan tersebut, metode pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) diimplementasikan dalam modul. E-modul ini telah diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi, dan hasilnya menunjukkan persentase tingkat kelayakan yang tinggi (92,8% dan 97%). Uji coba dengan kelompok kecil dan kelompok besar juga menghasilkan tingkat kelayakan yang baik (84,5% dan 84,7%). Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan dinilai layak dengan persentase 84,7%.

 

Kata Kunci : E-Modul, Pengembangan, Teks LHO, Bahan Ajar, PjBL, Bahasa Indonesia


References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bhineka Cipta. 242-245.

Arsyad, Azhar (2006). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Drs Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Aja untuk Persiapan Pendidik dalam Mengajar). Yogyakarta: Grava Media. 9-15.

Dr. Tegeh, I Made, M.Pd (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu 41-45.

Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(1), 16–25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165

Herawati, Nita Suryana (2018). Pengembangan modul elektronik (Modul Interaktif) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 5, No 2 . https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Nesbit, J., Leacock, T. 2007. A Framework for Evaluating the Quality of Multimedia Learning Resource. Education Technology & Society, 10 (2), 44-59. (Online)

Purwanto, Nanang S.Pd., M.Pd. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 18-28.

Prof. Dr. Putrayasa, Ida Bagus. M.Pd. (2013). Buku Ajar Landasan Pembelajaran. Bali: Undiksha Press. Hlm-10.

Qomar, Mujamil. (2012). Kesadaran Pendidikan (Sebuah Penentuan Keberhasilan Pendidikan). Jakarta: Ar-Ruzz Media. 15-69.

Rahardi, F. (2006). Panduan Menulis Artikel, Feature, dan Esai. Jakarta: Pt. Kawan Pustaka. Hlm-16.

Sani, Ridwan Abdullah. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara. 171-200.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: ALFABETA. Hal 279-285.

Susanto, Budi. (2010). Skema dan Mekanisme Pelatihan. Jakarta: Terangi (Yayasan Terumbu Karang Indonesia). Hlm-62.

Tegeh, I M., Jampel, I N., Pudjawan, K. (2014). Metode Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu. 41-46.

Trisanti, Dini (2014). Modul Interaktif Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer. Volume 19, No 3. http://dx.doi.org/10.35760/ik.2014.v19i3.1101

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Edisi Kelima). Malang: Universitas Negeri Malang.

Wahono, Romi Satria. (2006). Apek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses melalui http://romisatriawahono.net/ pada 04/16/17 18:35.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2003. Yogyakarta: Gava Media

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Roskadarya.

Moses, Melmambessy. "Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua." Media Riset Bisnis & Manajemen 12.1 (2012): 18- 36.

Teguh Triyanto, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014), hal.23- 24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.