Persuasif pada Iklan Komersial Kesehatan

Rita Yuli Anita

Abstract


Abstrak: Persuasif merupakan strategi pemasaran untuk menarik perhatian konsumen. Untuk dapat menciptakan efek persuasif dan emosional konsumen, dalam proses pembuatan iklan diperlukan fitur linguistik yang efisien. Perkembangan periklanan di Indonesia saat ini menunjukkan bahwa produsen sebagai pengiklan melakukan berbagai strategi persuasif untuk meyakinkan konsumen dengan menghilangkan keraguan-keraguan yang tidak beralasan tentang produk yang dipromosikan melalui iklan. Pada produk komersial produk kesehatan yang perlu diperhatikan adalah kemampuan produk tersebut untuk melakukan fungsi-fungsi yang meliputi khasiat, daya tahan, ketelitian yang dihandalkan, dan atribut lain yang berharga pada produk secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik kalimat dan isi pesan pada bahasa persuasif iklan. Sumber data penelitian ini adalah iklan komersial kesehatan. Data dalam penelitian ini adalah kalimat iklan komersial kesehatan yang berjumlah 97 data. Dalam penelitian kualitatif, peneliti berperan penting sebagai instrumen pengumpul data. Setelah pengumpulan data, peneliti melakukan teknik dokumentasi dan simak catat. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkahlangkah perencanaan, pelaksanaan, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik kalimat iklan komersial kesehatan ditinjau dari penggunaan kata yang di antaranya yaitu, verba, adjektiva, nomina, pronomina, dan numeralia. Melalui pemilihan kata yang efisien, terdapat tiga isi pesan pada iklan komersial kesehatan yaitu, isi pesan rasional, emosional, dan kombinasi.

Kata kunci : persuasif, iklan, komersial kesehatan


Full Text:

PDF

References


Arief, Ermanto, & Agusmanto. 2013. Gaya Bahasa Iklan Produk Kesehatan dan Kosmetik

pada Harian Pagi Posmetro Padang. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 2(1): 22-30.

Astuti, Kasnadi, & Agustin. 2021. Bahasa Persuasif pada Iklan Kosmetik di Televisi. Jurnal

Bahasa dan Sastra. Vol 8 (1): 51-56.

Effendi, Usman. 2016. Psikologi Konsumen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, K & Keller, B. M. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., & Gery Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Levy, M., & Bauer, J. 2004. How to Persude People Who Don’t Want to be Persuaded.

Amerika: Wiley.

Putra, D. 2022. Karakteristik Verba dan Adjektiva dalam Iklan Aplikasi Pinjaman Online.

Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 6 (2): 42-65.

Putra, Simpen, & Christandian. 2020. Analisis Wacana Iklan Minuman pada Media Internet.

Linguistika. Vol 27 (2): 131-140.

Syafriani, S., Agustina, A., & Ngusman, N. 2018. Karakteristik Adjektiva dalam Iklan

Majalah Gogirl!. Jurnal Bahasa dan Sastra. Vol 5(2): 13-27.

Tjiptono, F. 2015. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.