PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TTW BERBASIS MEDIA VIDEO NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KROMENGAN

Rindiana Evitaloka

Abstract


Abstrak: Pembelajaran menulis dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dianggap sulit karena membutuhkan kemampuan berpikir untuk menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan. Berdasarkan hasil analisis awal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan ditemukan permasalahan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan membutuhkan metode dan media pembelajaran yang dapat memberikan stimulus dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidak adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode TTW (Think Talk Write) berbasis media video National Geographic Indonesia terhadap hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest 69,03 dan nilai rata-rata posttest 84,51. Berdasarkan perhitungan pairedsamplestest diperoleh nilai signifikansi sig. (2-tailed) 0,000 kurang dari 𝛼 = 0,05, maka H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TTW (Think Talk Write) berbasis media video National Geographic Indonesia berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis tekseksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kromengan.

Kata kunci: pembelajaran menulis, TTW, teks eksplanasi, video National Geographic.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, A. (2018). Pengembangan E-Book Interaktif Sebagai Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Nilai Islam Untuk Kemandirian Belajar Siswa SD/MI. In ProceedingConference (Vol. 59).https://www.researchgate.net/profile/Dian-Prasetyaningrum-2/publication/349195040

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, I. (2016). Pembelajaran Menulis. Bandung: UPI Press.

Damaianti. (2015).Metode Penelitian Pendidikan. Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugraha. 2019. Penerapan Model Pembelajaraan Think-Talk-Write (TTW) Berbantuan Gambar Meme dalam Pembelajaran Teks Persuasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Lembang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Prasetyoningsih. 2021. Keterampilan Berbicara Tinjauan Deskriptif Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=e7FCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:j99DBaOz79QJ:scholar.google.com/&ots_esc=y#v=onepage&q&f=false

Prasetyoningsih. 2021. Inovasi Pembelajaran dan Teknologi bantu (Teknologi Asistif) Manual Book Praktik Jusnalistik untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus dan Khalayak. Malang: Literasi Nusantara Abadi. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7058

Rowikarim, Aja. 2017. “Mengajar Yang Efektif Menjadi Penentu Kualitas Seorang Guru.” Jurnal Pendidikan UNIGA 7(1): 40–50. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/55%0Awww.journal.uniga.ac.id.

Sari, Else Puspita, Agus Trianto, and Padi Utomo. 2020. “Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas Viismpnegeri 14 Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah KORPUS 4(3): 292–302.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.