PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA PEMBELAJARAN TEKS CERPEN KELAS XI SMA HASYIM ASY’ARI

Hani Fatu Rohmah Oktafiani

Abstract


Abstrak: Salah satu keterbatasan siswa dalam mempelajari teks cerpen pendek adalah pola dan sarana yang belum mendukung proses pembelajaran, apalagi pembelajarannya masih didominasi oleh guru, sehingga menjadi kurang interaktif. Maka dari itu, dalam proses pembelajaran dibutuhkan adanya media pembelajaran yang cocok, guru dituntut untuk mampu menggunakan berbagai media pembelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk mengatasi hal itu, dibuat media pembelajaran animasi interaktif menggunakan aplikasi macromedia flash 8 yang dikhususkan pada materi teks cerita pendek. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan dengan desain penelitian one group pretest-posttest.  Tujuan pengembangan ini adalah untuk mengetahahui hasil pengembangan, hasil uji coba, dan hasil uji efektivitas penggunaan media. Pengembangan ini menghasilkan media animasi interaktif materi teks cerpen kelas XI yang dibuat menggunakan macromedia flash 8, hasil uji coba menanyatakan layak, dari penilaian ahli, respon guru dan siswa. Media animasi interaktif efektif digunakan dalam pembelajaran, ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, animasi interaktif, macromedia flash 8, cerita pendek.


Full Text:

PDF

References


-. 2016. Pendidikan. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan.

Ambarwati, Ari. 2019. Pengembangan Buku Elektronik Bertema Keberagaman Pangan Pokok Untuk Mendukung Gerakan Literasi di SMA-SMK. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 3(1), 65-74.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dwijayanti, Vina, 2017. Optimalisasi Pendidikan Holistik di Sekolah Dasar untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Institusional Sekolah. Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Febrita, Yolanda & Ulfah, Maria. 2019. Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika: Universitas Indraprasta PGRI.

Imah, Dia Homsatul. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Madura’s Smart Berbasis Macromedia Flash di Sekolah Dasar. Universitas Wiraraja, Kabupaten Sumenep.

Mayana, Inda, dkk. 2021. Motivasi Belajar Ssiwa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika Volume 1 No-2.

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rosmiati, Mia. 2019. Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Komputer dan Informatika Universitas Bina Sarana Informatika Volume XXI No. 2 September 2019.

Sibuea, Hadijah Handayani. 2018. Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Memahami Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Empat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Unimed-2018 105.

Tibyani, W., & Hermanto, H. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ensiklopedia Menggunakan Whiteboard Animation Materi Teks Prosedur. In Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) (Vol. 3, No. 1, pp. 129-136).

Werdiningsih, Dyah, Sunismi, Wahyuni, Sri. 2021. Pembelajaran Aktif dengan Case Method. CV Literasi Nusantara Abadi: Malang.

Werdiningsih, Dyah. 2021. Liiterasi Sains dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. CV Literasi Nusantara Abadi: Malang.

Widiara, I. K. 2018. Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Purwadita, 2(2), 50–56.

Nurdyansyah. 2017. Sumber Daya dalam Teknologi Pendidikan. Program Pascasaraja, Universitas Negeri Suraba

Zahid, Muhammad Zuhair. 2018. Aplikasi Berbasis Android untuk Pembelajaran: Potensi dan Metode Pengembangan. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 910-918. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/205588.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.