ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP AL AZHAR MUNCAR BANYUWANGI

M. H. Nabiel El Manar, Zainal Abidin, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesuai dengan tingkat kepercayaan diri pada materi bentuk aljabar kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling (pemilihan subjek yang memiliki tujuan tertentu). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi yang sudah mendapatkan materi bentuk aljabar. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah dengan pengklasifikasian berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada 26 peserta didik. Dari masing-masing kategori kepercayaan diri diambil 2 subjek untuk diberikan soal tes berupa soal uraian pada materi bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan, hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebagai berikut: (a) Subjek NAH dan RNS dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori tinggimemiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dalam menyelesaikan tes berupa soal uraian. (b) Subjek ARDL dan SAA dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang dalam menyelesaikan tes uraian; dan (c) Subjek MIPR dan MHK dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dalam menyelesaikan soal tes uraian.

Kata kunci:analisis, kemampuanpemecahan masalah, kepercayaan diri, bentuk aljabar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesuai dengan tingkat kepercayaan diri pada materi bentuk aljabar kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling (pemilihan subjek yang memiliki tujuan tertentu). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al Azhar Muncar Banyuwangi yang sudah mendapatkan materi bentuk aljabar. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada tingkat kepercayaan diri tinggi, sedang, dan rendah dengan pengklasifikasian berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada 26 peserta didik. Dari masing-masing kategori kepercayaan diri diambil 2 subjek untuk diberikan soal tes berupa soal uraian pada materi bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan, hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebagai berikut: (a) Subjek NAH dan RNS dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori tinggimemiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dalam menyelesaikan tes berupa soal uraian. (b) Subjek ARDL dan SAA dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang dalam menyelesaikan tes uraian; dan (c) Subjek MIPR dan MHK dengan klasifikasi kepercayaan diri kategori rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah dalam menyelesaikan soal tes uraian.

 

Kata kunci:analisis, kemampuanpemecahan masalah, kepercayaan diri, bentuk aljabar

Full Text:

PDF

References


Aisyah, P., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education. Vol 1(1): 58-65.

Amri, S. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol 3 (2): 156-168.

Hali, F., Rahayu, D.F., dan Sari, D.U. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Arus Jurnal Pendidikan. Vol 2(1): 47-53.

Hendriana, H., Rohaeti, E.E., Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Islami, A. dan Rusliah, N. 2019. Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami). Vol 3 (1): 187-193.

Kusumaningrum, N. D. 2017. Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis dan Sikap Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto: FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Lestari, E. dan Yudhanegara, R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Ramlan, A.M., Hermayani, dan Jahring. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kepercayaan Diri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 10(4): 2188-2199.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.