ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XI MIPA 1 SMA ISLAM NU PUJON MALANG

Septania Andriani Nur Hidayat, Anies Fuady, Surya Sari Faradiba

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari disposisi matematis. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Islam NU Pujon dengan jumlah subjek yang diambil sebanyak 6 peserta didik, terdiri dari 2 peserta didik memiliki disposisi matematis tinggi, 2 peserta didik memiliki disposisi matematis sedang, dan 2 peserta didik memiliki disposisi matematis rendah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket disposisi matematis, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Data kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh diuji dengan menggunakan teknik triangulasi melalui hasil tes secara tertulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan disposisi matematis tinggi berada pada kategori sangat baik, peserta didik dengan disposisi matematis sedang berada pada kategori cukup, dan peserta didik dengan disposisi matematis rendah berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Sedangkan berpikir kritis peserta didik dengan disposisi matematis tinggi berada pada kategori sangat tinggi, peserta didik dengan disposisi matematis sedang berada pada kategori sedang dan rendah, dan peserta didik dengan disposisi matematis rendah berada pada kategori sangat rendah.                                                                                                                                                                        

Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Berpikir Kritis, Program Linear, Disposisi Matematis

Full Text:

PDF

References


Ahmatika, D. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1), 394–403. https://doi.org/10.33603/e.v3i1.324

Aprilianti, A., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 24 Mataram Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1593–1599. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.820

Ariyanto, L., Winarti, E. R., & Rizki, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Model Eliciting Activities dengan Performance Assessment. PRISMA, 4, 268–274.

Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.11127

Khasanah, N. (2021). PYTHAGORAS : Jurnal Pendidikan Matematika , 16 ( 1 ), 2021 , 44-58 Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa quitters ditinjau dari kemam- puan metakognitif. 16(1), 44–58.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108

Mayasari, R. P., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 46–54.

Muliawati, N. E. (2020). Kemampuan pemecahan masalah siswa ditinjau dari disposisi matematis melalui pendekatan concrete representational abstract (CRA). JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 22. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1741

Nuraidah, S., Sarifah, F. S. D., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts Negeri Di Bandung Barat Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558

Pangesti, A. T., & Soro, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1769–1781. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.709

Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Smk Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619

Rohman, A. A., Sholihah, N., & Maslihah, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik Dan Gender Kelas Vii. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 383–390.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Tipe Pisa. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 483–496. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185

Sa’adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 405–410. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/181

Sari, O. P. D., Abidin, Z., & Faradiba, S. S. . (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Pada Materi Trigonometri Peserta Didik Kelas X Bahasa Man Kota Batu. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 16(12), 14–27.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Yuliani, I., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Ditinjau Dari Disposisi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1198. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3685


Refbacks

  • There are currently no refbacks.