KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SPLDV BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Nurul Hidayati, Abdul Halim Fathani, Syaifudin Syaifudin

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam memahami materi SPLDV berdasarkan gaya belajar. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Jabung Kabupaten Malang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan wawancara. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan skor nilai rapot tertinggi pembelajaran matematika. Keabsahan data dilakukan dengan cara metode triangulasi, yaitu dengan membandingkan hasil tes dan wawancara pada sumber yang sama. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) siswa yang mempunyai jenis gaya belajar visual cenderung memiliki representasi visual dan dapat memenuhi seluruh indikator representasi matematis. (2) siswa yang memiliki gaya belajar auditori dapat memenuhi symbolic representation, namun tidak dengan representasi visual dan representasi verbal. (3) siswa yang memiliki jenis gaya belajar kinestetik dapat memenuhi indikator representasi verbal dan symbolic representation.

 

Kata kunci: sistem persamaan linier dua variabel, gaya belajar, kemampuan representasi matematis


Full Text:

PDF

References


Fitri, N., Munzir, S., & Duskri. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learnig. Jurnal Didaktik Matematika, 59-67.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Infinity Jurnal, 85-99.

Kusumawardani, C. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Maryanti, & Monica. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 333-344.

Rahmi, M. N. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajran Berbasis Teknologi Sesuai dengan Karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 355-363.

Sanjaya, I. I., Maharani, H. R., & Basir, M. A. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Honey Mumfrod. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 72-87.

Suwanti, & Maryati. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Dan Probing Prompting Learning. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika, 303-314.

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan MAtematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 128-132.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.