Analisis Komunikasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik Verbal

AISYA KODA, Yayan Eryck Setiawan, Yayan Eryck Setiawan, Tri Candra Wulandari, Tri Candra Wulandari

Abstract


  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada tingkat kecerdasan linguistik verbal tinggi dan pada tingkat kecerdasan linguistik verbal rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs N 03 ALOR. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, soal tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah  4 peserta didik kelas VIII berdasarkan skor angket yang telah dikerjakan, dengan kriteria dua orang dengan kecerdasan linguistik verbal tinggi dan dua orang dengan kecerdasan linguistik verbal rendah. Keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dimana peneliti membandingkan hasil menggunakan analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi, penyaji data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi yaitu angket tes dan hasil wawancara terhadap subjek yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk mendeskripsikan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki kecerdasan linguistik verbal tinggi dan rendah pada materi teorema Pythagoras. Saran dalam penelitian ini adalah : 1) pendidik diharapkan memantau setiap peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan linguistik verbal tinggi maupun rendah. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan dalam menyelesaikan soal matematika dan masih terdapat kekeliruan dalam pemahaman konsep dasar matematika. 2) Perlu adanya penelitian lebih lanjut pada kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik verbal pada materi, jenjang dan subjek yang berbeda.

Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Linguistik Verbal, Teorema Pythagoras


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Afriansyah, I.L.P. dan E.A. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1): 27–42.

Choridah, D.T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa Sma. Ilmiah Program Studi Matematika, 2(2): 219–228.

Hali, N.I. 2017. The Actualization of Literary Learning Model Based on Verbal-Linguistic Intelligence. International Journal of Education & Literacy Studies, 5(4): 2202–9478.

Hodiyanto 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1): 9–16.

Kristina Kula, Tatik Retno Murniasih, & Tri Candra Wulandari. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik pada Materi Lingkaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-12.

Manurung, S.L. 2017. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Negeri 14 Medan Dengan Pendekatan CTL (Contekstul Teaching and Learning). Semnastika Unimed, 83.

Rahmawaty Abas 2014. Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Segiempat.

Samsu 2017. Metode Penelitian: Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development.

Setiawan, Y. E. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewa. Supremum Journal of Mathematics Education, 5(1), 110-121.

Sugiyono 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Whardani, F. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VII MTs Daarul Hakmah Pamulang Pada Materi Segiempat Dan segitiga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.