PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS DAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING

Zonallia Della Nurhidayati, Ettie Rukmigarsari, Surya Sari Faradiba

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS)
dengan metode pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada materi segiempat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitatif sebagai pelengkap dari pendekatan utama. Jenis penelitiannya adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII-D di SMP PGRI 01 Batu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 19 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, catatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan (1) hasil kesesuaian observasi kegiatan guru dengan rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh presentase sebesar, pada siklus II meningkat menjadi ; (2) hasil kesesuaian observasi kegiatan peserta didik pada siklus I diperoleh presentase sebesar , pada siklus II mengalami peningkatan sebesar ; (3) nilai rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I mencapai 73 pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86; (4) hasil tes akhir pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan sebesar 67,89% sedangkan, pada siklus II meningkat menjadi 84,21%; (5) hasil respon wawancara terhadap peserta didik, diperoleh persentase sebesar 50%, pada siklus II meningkat menjadi 66,67%. (6) hasil observasi keaktifan peserta didik yang dicapai pada siklus I sebesar 58,82% sedangkan, pada siklus II meningkat menjadi 94,35%. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) dengan metode pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah matematis materi persegi pada peserta didik kelas VII SMP PGRI 01 Batu.

Kata kunci: Keaktifan, pemecahan masalah, model pembelajaran ARCS, metode pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing


Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri dan Janet Trineke Manoy. 2007. Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar dan Pembekalan. Jakarta : Rineka Cipta.

Huda Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajran. Yogyakarta: Pustaka Pejara

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press

Group)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.