Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 2 Talun

Nur Alfan Ramadani

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan Perencanaan pengunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 2) Mendeskripsikan Perencanaan pengunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 3) Mendeskripsikan Perencanaan pengunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitiaan deskriptif kualitatif yang analisis datanya menggunakan pendekatan kualitatif. kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, menyampaikan data dan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita di awali dengan menyusun silabus meliputi perangkat pembelajaran, RPP, LCD, dan leptop. 2) Pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam keterampilan menulis teks berita diawali dengan mengacu pada rencana pembelajaran, menyiapkan bahan ajar dan perangkat lunak pembelajaran. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengatur kegiatan pembelajaran agar materi dapat tersampaikan. 3) Evaluasi penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita akan diselenggaranakan setelah menyelesaikan 1 KD. Evaluasi terdiri atas penilaian hasil pembelajaran, remidial dan pengayaan. Dalam penilaian hasil pembelajaran guru memberikan tes tulis kepada siswa.

Kata Kunci: Penggunaan, media audio visual, pembelajaran,  Keterampilan menulis teks berita


Full Text:

PDF

References


Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media pembelajaran matematika. Bandar Lampung: Permata Net.

Marpaung, I. Y. O., & Siagian, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Macromedia Flash Proffesional 8 Kelas V SD Swasta Namira. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 3(1).

Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantar gebang ii kota bekasi. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 33-38.

Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media audio visual pada siswa sekolah menengah pertama. Basastra, 4(2), 161-174.

Muslim, P. Y. C., & Siregar, R. A. (2022). Keterampilan Menulis.

Cahyaningtyas, R. S. (2022). ANALISIS TEKS BERITA BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA KORAN REPUBLIKA EDISI BULAN APRIL 2020 DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Amir Hamzah. 1999. Media Audio-Visual. Jakarta : PT.Gramedia

Azhar, Aryad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanaky, Hujair. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta:

Kaukaba Dipantara.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alvabeta.

Khakiim, Uluul. 2016. Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru

Kelas 1 Sekolah Dasar. Diunduh pada tanggal 29 Oktober 2022 dari (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6738/2931).

Kurniasih, I. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta :

Kata Pena.

https://media.neliti.com/media/publications/53464-ID-pengaruh-penggunaan-media-audio visual-te.pdf di unduh pada tanggal 31 Oktober 2022

https://sukafisikahd.blogspot.com/2022/11/contoh-refleksi-pembelajaran-ppg-daljab.html di unduh pada tanggal 30 Desember 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.