PENGEMBANGAN VIDEO MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI KABUPATEN MALANG PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS IX

Lailatul Farhah, Sunismi Sunismi, Syaifuddin Syaifuddin

Abstract


Abstrak: Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan video matematika berbasis etnomatematika di Kabupaten Malang pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk peserta didik SMP/MTs kelas IX. Pengembangan video matematika berbasis etnomatematika ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dihasilkan berupa video matematika berbasis etnomatematika yang telah divalidasi. Validator ahli materi menyatakan valid dengan skor rata-rata 3,36, validator ahli media pembelajaran menyatakan valid dengan skor rata-rata 3,67, validator ahli desain pembelajaran menyatakan valid dengan skor rata-rata 3,17, dan validator praktisi menyatakan praktis dengan skor rata-rata 3,40. Sedangkan hasil uji coba pengguna/user menyatakan bahwa video matematika berbasis etnomatematika praktis dengan skor rata-rata 3,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video matematika berbasis etnomatematika yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Kata kunci: pengembangan, video matematika, etnomatematika di Kabupaten Malang, bangun ruang sisi lengkung


Full Text:

PDF

References


Brandt, A. &. (2015). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71(71), 31–37.

Fitriatien. (2016). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. PGRI Unibersity of Adi Buana, 1-9.

Fitriyah, d. (2018). Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning Melalui Pendekatan Etnomatematika. J. Elem, 4(2), 145.

Gustiani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Visual, and Intellectual). Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.

Haryanto, d. (2017). Ethnomathematics Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267-272.

Hutami Sri Purbayanti, d. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajatan Matematika Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 5 Nomor 2, 165-172.

Izah, M. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 01 No. 01, 44-58.

Prastica, d. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 5 Nomor 5, 3260-3269.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan . Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.