KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP SUNAN AMPEL MENGANTI GRESIK

Vania Nabila, Sunismi Sunismi, Anies Fuady

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah. (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritisĀ  peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. (2) untuk mengetahui mana yang lebih baik antara kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. (4) untuk mendeskripsikan keterkaitan hasil kuantitatif dan kualitatif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran dalam kelompok eksperimen menerapkan model Problem Based Learning berpendekatan STEAM dan pembelajaran kelompok kontrol menerapkan model konvensional pada materi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah mix methods berdesain sequential explanatory dengan populasi seluruh peserta didik kelas VII SMP Sunan Ampel. Jenis penelitian kuantitatif adalah quasi experiment dengan sampel penelitian adalah kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII A sebagai kelompok kontrol. Sedangkan jenis penelitian kualitatif yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 3 dari masing-masing kelompok sesuai dengan kategori kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada tahap kuantitatif sedangkan pada tahap kualitatif data didapat dari hasil observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. (2) kemampuan berpikir kritis peserta didik kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. (3) pencapaian indikator subjek kemampuan berpikir kritis peserta didik kategori tinggi, sedang, dan rendah kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. (4) hasil analisis data kualitatif memperkuat hasil analisis data kuantitatif.

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, model Problem Based Learning, pendekatan STEAM, bentuk aljabar.


Full Text:

PDF

References


Alfianika, N. 2018. Buku Ajar Metode Penelitian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Asti, P.N.W.A., Andriyani. 2019. Improving Critical Thinking Ability and Active Learning of Statistics Materials Through Problem Based Learning Model with STEAM Approach. Formosa Journal of Sustainable Research (FJSR), 133-152.

Fadhallah. 2020. Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press.

Hasanudin, C., Fitrianingsih, A. 2019. Analisis Gaya Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Flipped Classroom. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 31-36.

Hermawan, S., Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Malang: MNC (Media Nusa Creative).

Isomudin. 2019. Analisis Sequential Explanatory Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Ditinjau dari Disiplin, Minat Belajar, dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 113-126.

Janah, S.R., Suyitno, H., Rosyida, I. 2019. Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 28 Februari 2019.

Lestari, I., Nurmilawati, M., Santoso, A.M. 2015. Penerapan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Peserta Didik Kelas VIII. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, 21 Maret 2015.

Martyanti, A., Suhartini. 2018. Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya dan Matematika. Indomath: Indomanesian Mathematics Educationenerasi Kampus, 35-41.

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Nurhikmayati, I. 2019. Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 41-50.

Ramadhani, R. & Bina, N. S. 2021. Statistika Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saragih, M. G., Saragih, L., Purba, J. W. P. & Panjaitan, P. D., 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Dasar-Dasar Memulai Penelitian. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Sari, S.N., Nurdianti, D., Maulana, B.S. 2022. Telaah Pengintegrasian STEAM pada Model Problem Based Learning Terhadap Adversity Quotient Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Matematika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang, 12 Februari 2022.

Sinambela, P.N.J.M. 2017. Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 17-29.

Supriyadi. 2019. Metodologi Penelitian & Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pekalongan: NEM (Anggota IKAPI).

Wassahua, S. 2016. Analisis Faktor-faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Kampung Wara Negeri Hative Kecil Kota Ambon. Al-Iltizam, 93-113.

Wulandari, R. 2016. Metode Kunjungan Lapangan Untuk Menanamkan Kepedulian Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Pedagogia, 67-80.

Yusuf, A. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: KENCANA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.