PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SFAE (STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT PESERTA DIDIK KELAS VII MTS MAMBAUL FALAH TAHUN AJARAN 2019/2020

Riza Linda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif SFAE (Student Facilitator and Explaining) terhadap kemampuan memahami konsep matematis, untuk dan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif SFAE (Student Facilitator and Explaining) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada pokok bahasan segiempat peserta didik kelas VII MTs Mambaul Falah Tambilung Tambak Bawean Gresik Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis rancangan true experimental design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t dua pihak berbantuan Software SPSS 23 diperoleh nilai Sig 2-tailed  untuk pemahaman konsep matematis dan Sig 2-tailed  untuk pemecahan masalah matematis maka  ditolak yang berarti ada perbedaan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) baik pada pemahaman konsep matematis maupun pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat sekolah MTs Mambaul Falah kelas VII daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil uji-t satu pihak didapat didapat 𝑡 =  untuk pemahaman konsep matematis peserta didik dan 𝑡 =  untuk kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dimana kedua nilai 𝑡 > 𝑡0,95 (𝑡 ≥ 𝑡1−𝛼), 𝐻0 ditolak yang artinya kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Kemampuan memahami konsep matematis, kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran kooperatif SFAE (Student Facilitator and Explaining).

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.