PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK BERBASIS 7E (ELICITE, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, AND EXTEND) BERMUATAN LITERASI DIGITAL PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII

mas rukhin

Abstract


Abstrak: Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa buku elektronik berbasisis7e bermuatanliterasi digital pada materi aritmatika sosial SMP kelas VIII. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan diantaranya; (1) tahap Analysis (menganalisis), (2) tahap design (perencanaan), (3) tahap develop (pengembangan) dan (4) tahap implementation  (implementasi) dan (5) evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah, ahli materi, ahli media dan desain serta  ahli praktisi guru dari  sekolah MTs. Negeri 7 Nganjuk, dan 10 siswa dari MTs. MTs. Negeri 7 Nganjuk sebagai pengguna (user). Tujuannya untuk mengetahui kevalidan produk dan kepraktisan produk yang dihasilkan. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, menurut penilaian ahli materi memperoleh hasil skor 3.13 ahli media dan desain dengan hasil skor 3.1 dan praktisi dengan hasil skor 3.4. Berdasarkan hasil analisis data validasi ahli dan praktisi, secara keseluruhan buku elektronik yang dikembangkan dinyatakan valid dengan hasil rata-rata penilaian sebesar 3.21 Sedangkan pada validasi pengguna (user), dinyatakan praktis dengan diperoleh rata-rata hasil skor sebesar 3.21. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku elektronik telah memenuhi kriteria layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan, buku elektronik, 7e, literasi digital, aritmatika sosial


Full Text:

PDF

References


Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. . 7(4) : 281-288

Literasi gital indonesia.buku literasi digital. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-digital.diakses pada 12 Februari 2020 pukul 15.11

Mulyatiningsih, Endang.2011. Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Risma Nurul Auliya. 2016.Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif. 6(1) : 13-22

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Windiarti, Z. (2014). Perbedaan Kemampuan Penalaran Adaptif Siswa yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Luas Permukaan Balok Kelas VIII SMP Negeri 17 Surabaya. (online): http://digilib.uinsby.ac.id/850/2/Bab %201.pdf (30 Maret 2020).

Yusuf, munir.2018. pengntar pendidikan.palopo: Kampus IAIN Palopo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.