ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP MA'ARIF PRIGEN

Hidayatulloh Hidayatulloh, Surahmat Surahmat, Gusti Firda Khairunnisa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah peserta didik dalam menyelesaikan soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy peserta didik pada materi peluang; dan (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari self efficacy peserta didik pada materi peluang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas VIII SMP Ma’arif Prigen yang dipilih berdasarkan purposive (bertujuan) dan berdasarkan prinsip volunteer based (kesukarelaan), yaitu masing-masing 2 peserta didik kategori self efficacy tinggi, sedang, dan rendah untuk mengerjakan soal tes berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy, tes kemampuan berpikir kritis matematis, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik kategori self efficacy tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yangn tinggi, karena mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan memperoleh rata-rata hasil tes 89 (kategori tinggi); (2) peserta didik kategori self efficacy sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang sedang, karena mampu memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan memperoleh rata-rata hasil tes 73 (kategori cukup/sedang); dan (3) peserta didik kategori self efficacy rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang rendah, karena hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan memperoleh rata-rata hasil tes 24 (kategori rendah).

Kata kunci: analisis, kemampuan berpikir kritis matematis, self efficacy, peluang.

Full Text:

PDF

References


Alfansyur, A., dan Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, Vol 5 (2): 146-150.

Azizah, M., Sulianto, J., dan Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 35 (1): 61-70.

Hastamang. (2019). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 296-298.

Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., dan Amelia R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MAN. Journal of Education, Vol 1 (2): 256-264.

Khoirunnisa, H. P., dan Malasari, N. P. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa ditinjau dari Self Confidence. JPEM: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, Vol 7 (1): 49-56.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadiasari, E., dan Palma, D. S. (2022). Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Generasi Z. ProSandika: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol 3 (1): 176-184.

Riyadi, I. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving. Jurnal Integral, Vol 12 (2): 11-20.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta Bandung.

Sukma, Y., dan Priatna, N. (2021). Pegaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Ktiris Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. SOULMATH: Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, Vol 9 (1): 75-88.

Utari, L., Destiniar., dan Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Self Efficacy Siswa SMP. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, Vol 3 (1): 35-47.

Yanti, H., dan Syahrani. (2021). Standar Bagi Pendidik dalam Standar Nasional Pendidikan Nasional. ADIBA: Journal of Education, Vol 1 (1): 61-68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.