Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Surya Buana

Nasiyatun Nahdia, Abdul Halim Fathani, Abdul Halim Fathani, Yayan Eryk Setiawan, Yayan Eryk Setiawan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas XI SMA Surya Buana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitati dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Surya Buana. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik yang dipilih secara purposive berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap yakni indikator interpretasi (interpretation)dan analisis (analysis). 2) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference). 3) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah, juga tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference).

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, soal cerita matematika, program linear.

 


Full Text:

PDF

References


Rizza, H. M. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Mengerjakan Soal Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2(Tbk 0), 294–300.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. 2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899–910.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. 2018. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika, 35.

Rositawati, D. N. 2019. Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 74.

Amir, M. F. 2015. Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 01(02), 162.

Sumarwati. 2011. Wacana Soal Cerita Matematika Untuk Sekolah Dasar: Analisis dan Pengembangan Model. Artikel Penelitian Tidak Di Terbitkan. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.