Profil Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Aritmetika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar

Jamilatin Diza, Abdul Halim Fathani, Surya Sari Faradiba

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah aritmetika sosial ditinjau dari gaya belajar. Penelitian dilaksanakan di SMP Plus Darussalam Lawang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu 3 kelompok siswa dengan dua kelompok gaya belajar visual, 2 kelompok gaya belajar auditorial, dan dua kelompok gaya belajar kinestetik. Pemilihan subjek berdasarkan hasil angket gaya belajar dan melalui diskusi dengan guru matematika. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa subjek dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif. Subjek dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi indikator berpikir kreatif diantaranya kefasihan dan keluwesan. Gaya belajar kinestetik mampu memenuhi indikator kefasihan.

Kata Kunci: profil berpikir kreatif, pemecahan masalah aritmetika sosial, gaya belajar


Full Text:

PDF

References


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779.

Ardianik. (2017). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Seminar Nasional pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 805-809.

Hendriana, H. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Restanto, R., Mampouw, L. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Tipe Open-Ended Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Numeracy, 3(3), 545–554.

Jagom, Y. O., Uskono, I. V., Dosinaeng, W. B. N., & Lakapu, M. (2021). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 682–691.

Islamiati, N. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Ditinjau dari Gaya Belajar melalui Model Pembelajaran Group Investigation dengan Peer Assessmen. Jurnal Universitas Muhammadiyah malang, 54-55.

Mukti, A. A. B., & Soedjoko, E. (2021). Kemampuan Siswa pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem. Prisma, Prosiding Seminar Nasional, 4, 26–36.

Ningsih, E. F. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar. Kadikma, 12(1), 34.

Polya, G. (1973). How To Solve It. New York: Princeton University Press.

Sa’dijah, C., Rafiah, H., Gipayana, M., Qohar, A., Anwar, L. (2016). Asesmen Pemecahan Masalah Open-Ended untuk Mengukur Profil Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasar Gender. Sekolah Dasar, 2, 147–159.

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. ZDM International Reviews on Mathematical Education, 75–80.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–47.

Winiarsih, I., Hakim, A. R., & Sari, N. I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matriks Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik, 2(1), 139–146.

Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pengenalan Karakteristik Gaya Belajar Siswa Korong Sijangek Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat. 2(1), 32–37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.