PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN POWTOON BERBASIS KEARIFAN LOKAL TUBAN PADA MATERI APLIKASI TURUNAN KELAS XI SMK

Karwati Ni'matus Sholikah, Sunismi Sunismi, Yayan Eryk Setiawan

Abstract


Abstrak: Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran matematika dengan Powtoon berbasis kearifan lokal Tuban pada materi Aplikasi Turunan kelas XI SMK. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model 4D yakni
tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain dan media pembelajaran serta ahli praktisi(guru) dan 10 peserta didik dari SMKN 2 Tuban sebagai pengguna (user). Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, menurut penilaian ahli materi, ahli desain dan media pembelajaran diperoleh secara berturut-turut 3,43; 3,77; 3,56 dengan rata-rata 3,58 dan untuk ahli praktisi 3,95, dengan rata-rata keseluruhan 3,68. Sedangkan uji coba pengguna melibatkan 10 peserta didik SMKN 2 Tuban, diperoleh rata-rata keseluruhan 3,47. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika dengan Powtoon berbasis kearifan lokal Tuban pada materi Aplikasi Turunan kelas XI SMK dinyatakan valid dan praktis dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Matematika, Powtoon, Kearifan Lokal Tuban,

Aplikasi Turunan

 

Abstract

This development aims to produce learning media in the form of a mathematics learning video with Powtoon based on Tuban local wisdom in the Derivative Application material for class XI SMK. The research development model used is the 4D model, namely define stage, design stage, develop stage and disseminate stage. The subjects in this study were material experts, design and learning media experts as well as practitioner experts (teachers) and 10 students from SMKN 2 Tuban as users. The analysis of the data used is quantitative and qualitative, according to the assessment of material experts, design experts and learning media obtained respectively 3.43; 3.77; 3.56 with a mean of 3.58 and for expert practitioners 3.95, with an overall average of 3.68. While the user trial involved 10 students of SMKN 2 Tuban, the overall average was 3.47. So it can be concluded that the mathematics learning media with Powtoon based on Tuban local wisdom in the Derivative Application material for class XI SMK is declared valid and practical in the learning process.

 

Keywords: Development, Mathematics Learning Media, Powtoon, Tuban Local Wisdom,                        Derivative App

Full Text:

PDF

References


Arnold, R. B,. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjualan Di SMK Ketintang Surabaya. JPTN: Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Vol 6(4): 145-150.

Bakri, S. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Boyolangu. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(1): 67-78.

Deliviana, F. 2017. Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran: Manfaat dan Problematikanya. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional, Universitas Negeri Makassar, Makassar, 09 Juli 2017.

Fadillah A. & Bilda W., (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177-182, http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Fathurrohman, M., (2017). Belajar dan pembelajaran modern: Konsep dasar, inovasi, dan teori pembelajaran. Yogyakarta, ID: Gaudhawaca.

Hartono, A. (2015). Pembinaan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Math didactic : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), https://media.neliti.com/media/publications/176877-ID-pembinaan-karakter-dalam-pembelajaran-ma.pdf

Nurseto, T. (2017). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Univ. Negeri Yogyakarta.

Ridwan, N.A. (2017). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya. V(3). Hlm. 1-8.

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GRUP

Sriyanto, H. J. (2017). Mengobarkan api matematika: Membelajarkan matematika yang kreatif dan mencerdaskan. Sukabumi: Jejak Publisher.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook. Indiana Bloomington: Indiana University.

Vawanda J. E., & Zainil M., (2020). Pengembangan bahan ajar berorientasi penguatan pendidikan karakter dalam Pembelajaran matematika SMA pada Materi Peluang. JP3M : Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 8(7), 9-14, http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Wisnarni, E., Erviyenni., & Haryati, S. (2016). The Development of Learning Media Based Powtoon on The Subject of Colloid at SMA/MA. Riau: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Yuliani, F. 2019. Pengembangan Modul Kalkulus 2 pada Program Studi Pendidikan Matematika di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pelangi. Vol 6(1): 65-57

Yuniarti, S. 2020. Inspiramatika. Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Prokrastinasi Akademik Siawa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 7 Balikpapan (Online),Vol 6(1), (https://doi.org/1052166/inspiramatika.v6i1.1922, diakses 30 Juni 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.