KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS

Ellysa Ummirotul Jannah, Abdul Halim Fathani, Anies Fuady

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis kemampuan berpikir kritis peserta didik   dalam  memecahkan  masalah matematis. Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan dasar dalam memecahkan masalah. Dengan adanya kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dapat memanimilisir terjadinya kesalahan saat menyelesaikan suatu permasalahan, sehingga pada hasil akhir diperoleh suatu penyelesaian dengan kesimpulan yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan studi literatur dari berbagi sumber  jurnal dan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli atau peneliti terdahulu yang kemudian akan dianalisis dan ditarik suatu kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari kajian literatur dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik memiliki pernan penting dalam memecahkan masalah secara matematis.

 

Kata Kunci: kemampuan berpikir, berpikir kritis, memecahkan masalah matematis.

Full Text:

PDF

References


Anisa, S. 2019. Analsis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecehana Masalah Matematika Pada Materi Fungsi Kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Alifiyah, A. H., & Ekohardi. 2020. Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Problem Solving Siswa Berbantu Media Pembelajaran. jurnal IT-EDU. Vol 5(1):236-246.

Fatmawati, I., Darmono, P., & Purwoko, R. Y. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. EKSAKTA:Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. Vol 5(2):196-201.

Firdausi, B. W., Warsono., & Yermianshoko, Y. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MADARRISUNA:Media Pendidikan Aagama Islam. Vol 11(2):229-243.

Hidayanti, R., Alimuddin., & Syahri, A. A. 2020. Analisis Kemampua Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbeaan Gender Pada Siswa Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Labakkang. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika). Vol 12(1):71-80.

Karim., & Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT:Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3(1):92-104.

Khasanati, R. R. 2020. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Sumpiuh. Skripsi diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Kusmanto, H. 2014. Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. EduMa.Vol 3(1):92-106.

Mustika, R., Yurniwati., & Hakim, L. E. 2018. Hubungan Self Confidence dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 18(2):220-230.

Nurfatanah., Rusmono., & Nurjannah. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Makalah disajikan dalam rangka Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta, Jakarta.

Octaviana, R. L., & Rahman, T. 2021. Studi Literatur Tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Learning Cycle 7E Disekolah Menengah. Symmetry Journal. Vol 6 (2):167-173.

Octavianingrum, N., Ambarwati, L., & Tarjiah, I. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Based Learning (Studi Literatur). Makala ini disajikan dalam rangka Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar”Tranformasi Pendidikan Meyongsong SDM di Era Society 5.0. Program Stusi Pendidikan Dasara Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, Jakarta. 25 Oktober 2020.

Rahayuningsih, S., & Kristiawan, I. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Hasil Riset, FKIP Universitas Wisnuwardhana Malang, Malang. 12 September 2018.

Sahrah, A. 2019. Efektifitas Pelatihan Berpikir Kritis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasioanl Peningkatan Mutu Perguruan Tingg, Universitas Mercu Buana Jakarta., Jakarta, 29 Nopember 2019.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. 2020. Analisis Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Hots Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol 4(2):257-269.

Sulistiani, E., & Masrukan. 2017. Pentingnya Bepikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional Matematika X, Program Pascasaejana Universitas Negeri Semarang, Semarang. 01 Februari 2017.

Sulianto, J., Cintang, N., & Azizah, M. 2018. Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Makalah ini disajikan dalam rangka Seminar Nasional Pendidikan, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang, Semarang. 4-5 Desember 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.