KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ELPSA BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL SISWA KELAS VII SMP ISLAM GANDUSARI

Wanda Editya Wahidurrijal, Sunismi Sunismi, Alifiani Alifiani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan, mana yang lebih baik serta mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika antara peserta didik dengan penerapan model ELPSA menggunakan media visual dan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran konvensional pada materi PLSV/PtLSV kelas VII SMP Islam Gandusari. Metode Penelitian yang digunakan adalah mixed method desain sequential explanatory. Sampel penelitian kuantitatif adalah peserta didik kelas VII A (kelas eksperimen) dan kelas VII E (kelas kontrol). Sedangkan subjek penelitian kualitatif sebanyak tiga peserta didik pada tiap kelompok eksperimen dan kontrol dengan kriteria kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui tes dan deskriptif-kualitatif. Hasil analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dua pihak masing-masing kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika berturut-turut diperoleh nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan 0,002 < 0,05 dan melalui uji-t satu pihak berturut-turut diperoleh nilai  dan  sehingga H0ditolak yang artinya terdapat perbedaan kemampuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, ditunjukkan pula bahwa kemampuan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil analisis data kualitatif menunjukkan deskripsi kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematika kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol dilihat dari pencapaian indikator masing-masing kategori peserta didik.

Kata Kunci: pembelajaran matematika, model ELPSA, media visual, kemampuan berpikir kreatif matematika, kemampuan komunikasi matematika,


Full Text:

PDF

References


Abdurrahmah, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Hamdani. 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia

Hasratuddin, 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematik. Vol 1 (2): 30-42

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu. Vol 7 (1): 9-18.

Ikasari, Juliani., Nissa, I.C. dan Juliangkary, E. 2017. Identifikasi Bentuk Partisipasi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Berbasis ELPSA. JMPM, Vol V No.02.

Johar, Nurhalimah, & Yusrizal. 2016. Desain Pembelajaran ELPSA Pada Materi Pencerminan. Jurnal Edumatica. Volume VI No 02

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lowrie, T dan Patahuddin, S. M. 2015. ELPSA-Kerangka Kerja untuk Merancang Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1),94-108.

Siregar, Nur Fauziah. 2016. Pemahaman dan Komunikasi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Logaritma. Vol IV No.01.

Suardi, Suarsana, & Pujawan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Question Student Have Berbantuan Media Animasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Volume IX No 1

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wahyuningsih, Dana Tri. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( TS-TS) dan Team Assisted Individualization ( TAI ) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah I Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta

Wijaya, A. 2014. Pengenalan Desain Pembelajaran ELPSA (experiences, language, pictures, symbol, application).Yogyakarta : PPPPTK Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.