ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII

Linda Tri Lestari, Sikky El Walida, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan masalah konstektual ditinjau dari kecerdasan logis matematis pada materi Himpunan kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah siswa  kelas VII A MTs Ash-Sholihuddin yang berjumlah 25 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu angket, tes soal, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis dalam menyelesaikan masalah konstektual ditinjau dari kecerdasan logis matematis adalah sebagai berikut. a) Siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis tinggi mampu menyelesaikan soal dengan baik dan memenuhi semua indikator kecerdasan logis matematis, siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis sedang mampu menyelesaikan soal namun hanya mampu memenuhi tiga indikator kecerdasan logis matematis, dan siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis rendah belum mampu memenuhi semua indikator kecerdasan logis matematis sehingga tidak mampu menyelesaikan soal dengan baik. b) Siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis tinggi mampu memenuhi indikator keterincian, keluwesan, keaslian, dan keterincian; siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis sedang mampu memenuhi indikator keterincian namun belum mampu memenuhi indikator keaslian dan kelancaran; siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis rendah belum mampu memenuhi indikator keterincian, keaslian, keluwesan, dan kelancaran. c) Siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis tinggi memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis sedang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang, dan siswa dengan kategori kecerdasan logis matematis rendah memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif, masalah kontekstual, kecerdasan logis matematis


Full Text:

PDF

References


Amin, M. 2015. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Musikal, Visual-Spasial dan Logis-Matematis. Skripsi. Hal 18-20. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hidayatussyibyan. 2013. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Gegesik Kab. Cirebon). Skripsi. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Islami, M. D., Sunardi, & Slamin. 2018. The Mathematical Connections Process of Junior High School Students with High and Low Logical Mathematical Intelligence in Solving Geometry Problems. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS). (5)(4). 10-18.

Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasinya, Bandung: Aditama.

Mullis, I. V. S., et al. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Munandar, Utami. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurzaelani, M. M., Arif, Z. A., & Wibowo, S. (2014). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dan komunikasi interpersonal dengan hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Pasca Sarjana UIKA Bogor Volume 3 Nomor 2, 44-62.

Prianggono, A. (2013). Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Sedang Kejururuan (SMK) dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat. Unpublished Thesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan, S. (2017). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Model Wallas. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 18–32.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (25 ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Susanti, V. D. 2018. Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. (3)(1). 71-83.

Yunianta, T. N., Rusilowati, A., & Rochmad. (2012). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Implementasi Project-Based Learning dengan Peer and Self-Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 81-86.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.