ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 SUMENEP

Azmiatur Rahmah, Sikky El Walida, Anies Fuady

Abstract


Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki tingkat self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah pada materi Statistika kelas VIII SMP Negeri 6 Sumenep. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu subjek dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Sumenep dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat self regulated learning tinggi, sedang, dan rendah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik dengan self regulated learning tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang sangat baik karena dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis; (2) peserta didik dengan self regulated learning sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang baik karena dapat memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis; dan (3) peserta didik dengan self regulated learning rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang kurang baik karena hanya memenuhi satu dari empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Regulated Learning, Statistika.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Asmar, A. Delyana, H. 2020. Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. Jurnal Aksioma. Volume 9, Nomor 2. Juni 2020.

Ainiyah, Qurrotul. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP Pada Pembelajaran PSPBL Berbantuan Smart Point Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas.2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Daulay, Khairul, R,.Surya, Edy. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 1 Pekubuan. Jurnal Pascasarjana UNIMED Prodi Pendidikan Matematika. 1-13, Mei 2018.

Early, Oppie, A. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Siswa Kelas VIII Melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Semarang.

Febriyan, Gana, E. 2017. Peranan Sekolah Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Kota Magelang. Skripsi. Prodi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. Universitas Negeri Yogyakarta

Hasibuan, Muhammad, T, D. 2019. Hubungan Stres Belajar dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa yang Menjalani Pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Murni Teguh. Indonesia Trust Health Journal. Volume 2, Nomor 1. Agustus 2019.

Ika, Nurjana. 2018. Penerapan Hands On Minds On Activity Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Ar-Rahman Medan TA.2017/201. Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara Medan

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sitaniapessy, Yomima, V, Y. 2018. Pengaruh Self Efficacy dan Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Prestasi Belajar Melalui Self Regulated Learning Sebagai Mediator pada Siswa Kelas VII SMPN 139 Jakarta. Skripsi. Prodi Psikologi. Universitas Persada Indonesia.

Utami, Irma, D. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gapura dalam Memecahkan Masalah Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi. Prodi Pendidikan Matematika. STKIP PGRI Sumenep


Refbacks

  • There are currently no refbacks.