ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS VIII SMP

Helvida Putri Andini, Sunismi Sunismi, Yayan Eryk Setiawan

Abstract


Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy tinggi pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy sedang pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa yang memiliki self efficacy rendah pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari; (4) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis ditinjau dari self efficacy pada pokok bahasan teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP Islam Al Maarif 01 Singosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan 20 peserta didik kelas VIII G SMP Islam Al Maarif 01 Singosari sebagai sumber data dan 3 peserta didik sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa 1) peserta didik dengan self efficacy tinggi dapat menggunakan semua indikator kemampuan representasi dengan maksimal, peserta didik dengan self efficacy sedang dapat menggunakan semua indikator kemampuan representasi matematis akan tetapi belum maksimal, dan peserta didik dengan self efficacy rendah hanya memenuhi satu indikator saja yang lainnya hanya sebagian. 2) peserta didik dengan tingkat kemampuan representasi matematis tinggi memiliki rata-rata hasil tes 85,75 dan masuk kategori self efficacy tinggi; b) peserta didik dengan kemampuan representasi sedang memiliki hasil rata-rata tes 75,14 dan masuk kategori self efficacy sedang; c) peserta didik dengan kemampuan representasi matematis rendah memiliki rata-rata hasil tes 40,83 dan masuk kategori self efficacy rendah.

Kata kunci: Kemampuan representasi matematis, Self efficacy, Teorema Pythagoras


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fendrik, M. 2019. Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind Pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Konstekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 1 (1): 142-149.

Haryono, D. 2015. Filsafat Matematika. Bandung: Alfabeta.Mustangin. 2019. Representasi Konsep matematika Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Siswa SMP Ditinjau Dari Kemampuan Matematika dan Gender. Disertasi:Universitas Negeri Surabaya.

Hendriana, H., Rohaeti, H. E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kadir, A. 2012. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nadia, L. N., Waluyo, S. B., & Isnarto. 2017. Analisis Kemampuan Representasi matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik Melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal ofMathenatics education Research. Vol 6 (2): 242-250.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pramuditya, S. A., Wahyudin, & Nurlaelah, E. 2021. Kemampuan Komunikasi Digital Matematis. Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Rahmita, F. 2018. Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Membangun Hubungan Luas Antar Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 7(2): 350-355.

Rangkuti, A. N. 2014. Representasi Matematis. Jurnal Forum Pedagogik. Vol 6 (1): 110-127

Rasyid, A. N., & Irawati, S. 2017. Penerapan Realistic Mathematics Education Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidika. Vol 2 (1): 1590-1595.

Subaidi, A. 2016. Self Efficacy Dalam Pemecahan Masalah Matematika. dalam Sigma. Vol 1 (2): 64-68 Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Groub.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Groub.

Wijaya, C. B. 2018. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi'yah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education. Vol 4 (2): 117-124.

Yuliana, W., & Winarso, W. 2019. Penilaian Self Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Matematika dan Pembelajaran. Vol 7 (1): 41-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.