ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN

Inas Daniati, Sikky El Walida, Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VII MTs Al-Aziz Banjarpatoman Dampit ditinjau dari self regulated learning yang tinggi, sedang, dan rendah pada pokok bahasan Himpunan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu peserta didik kelas VII MTs Al-Aziz. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Pemilihan subjek penelitian dilakukan setelah 20 peserta didik mengisi angket self regulated learning yang sudah disediakan. Setelah itu akan diambil dua peserta didik dari tiap tingkatan self regulated learning peserta didik, yaitu: tinggi, sedang, dan rendah untuk dijadikan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa subjek dengan kategori self regulated learning tinggi memiliki kemampuan representasi yang tinggi dalam menyelesaikan tes soal Himpunan. Subjek dengan kategori self regulated learning sedang memiliki kemampuan representasi yang sedang dalam menyelesaikan tes soal Himpunan dalam menyelesaikan soal Himpunan. Subjek dengan kategori self regulated learning rendah memiliki kemampuan representasi yang rendah dalam menyelesaikan tes soal Himpunan.

Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self Regulated  Learning, Himpunan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gusniawati , M. 2015. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, Vol 5(1): 26-41.

Hamzah, A. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research. Batu: Literasi Nusantara.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. 2018. Hard Skills & Soft Skills Matematik Siswa.

Indriyani, Y. D., Sudarman, S. W., & Vahlia, I. 2020. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan RME. Jurnal Derivat, Vol 7(1): 1-10.

Khoirunnisa, Azhar, E., & Jusra, H. 2018. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi Matematis Siswa di SMPN 18 Tangerang. Jurnal Uhamka, Vol 1, 182-190.

Misel, & Suwangsih, E. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Metode Didaktik, Vol 10(2): 27-36.

Muhtadi Dedi, & Sukirwan. 2017. Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Mosharafa, Vol 6(1): 1-12.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Unsika, 468-475.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahfitri, F. S. 2017. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, Vol 3(1): 49-55.

Winiari, L. P., Satyasa, I. W., & Suswandi, I. 2019. Pengaruh Model Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika Kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Tembuku. Jurnal JPPF, Vol 9(1): 24-33.

Yeni., & Sukmawati, R. 2020. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Berdasarkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 9(2): 251-261.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.