ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM PAKIS

Zakiyatul Ilmiyah, Isbadar Nursit, Sikky El Walida

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII SMP Islam Pakis berdasarkan gaya kognitif Field Independent (FI). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Islam Pakis. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah, Tes GEFT (Test Embedded Figure Test), angket dan Pedoman Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis kategori tinggi dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan dengan baik dan juga dapat memenuhi semua indikator disposisi matematis dengan baik. (2) Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis kategori sedang dengan gaya kognitif Field Independent (FI) tidak dapat memenuhi indikator melihat kembali pada kemampuan pemecahan masalah dan tidak dapat memenuhi indikator rasa percaya diri pada disposisi matematis. (3) Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis kategori rendah dengan gaya kognitif Field Independent (FI) tidak dapat memenuhi indikator menyusun rencana dan melihat kembali pada kemampuan pemecahan dan tidak dapat memenuhi semua indikator disposisi matematis.

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Gaya Kognitif


Full Text:

PDF

References


Khusna, A. N., Sunismi, S., & Nursit, I. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Metode Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) Ditinjau Dari Gaya Belajar David Kolb Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. Vol. 14 No. 9. Hal 9-16

Kusumawardani, Wardono, & Kartono. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang: Semarang. Vol. 1. Hal 588-595

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., dan Sugandi, I. A. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (1): 144-153.

Arifin dan Bambang, S. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Alvani. 2016. Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tentang Bangun Ruang Siswi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif. KREANO: Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif. Vol 7 (2): 171-178.

Hidayati, R. N., Mustangin, M., dan Hasana, S.N. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Matematika dalam Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 15 (33): 138-150.

Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prabawa, E.A & Zaenuri, 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta didik pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal Of Mathematics Education Research. 6 (1): 120-129.

Ruhyana. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis. Vol 10 (2): 106-118.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cetakan ke-25. Bandung: ALFABETA.

Sukrening, E., Lambertus, Kodirun, dan Busnawir. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika. Vol 5 (1): 1-12.

Susanto, H. A. 2015. Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.

Syaban, M. 2009. Menumbuhkembangkan Daya dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Pembelajaran Investigasi. Jurnal FKIP Langlang Buana. Vol 5 (2): 129-136.

Widyasari, N., Afgani, J., dan Dewanto, S. 2016. Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematik & Matematika. Vol 2 (2): 28-39.

Wahyudin, Z. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Rafika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.